Teknik Melempar Bola Cepat (Fast Ball) Dalam Baseball



Bagikan:


Teknik melempar bola baseball [image by thesportsdaily.com] ~ 
Sama halnya dengan permainan softball, dalam permainan baseball terdapat beberapa teknik dasar yang sangat penting dikuasai oleh semua pemain. Salah satunya adalah teknik melempar, teknik melempar wajib di kuasai oleh pemain yang bertugas untuk melempar bola. Jika tidak lemparan bolanya akan gampang dibaca oleh pemain lawan.

Teknik melempar bola cepat (fastball) merupakan salah satu teknik melempar bola yang banyak diminati atau yang paling sering digunakan oleh si pelempar bola atau pitcher, sebab lemparan ini cukup mudah dilakukan. Berikut ini cara melakukan teknik melempar bola cepat (fastball) dalam permainan baseball.
  1. Cengkramlah bola Baseball menggunakan jari tengah dan jempol. Posisi jari tengah berada lurus di atas jempol, sehingga kedua jari tepat melingkar di bagian tengah bola. Letakkan jari telunjuk di sebelah jari tengah untuk menjaga keseimbangan cengkeraman bola.
  2. Jangan mencengkeram bola terlalu kuat. Dengan cara ini, kalian dapat melemparkan bola tanpa gesekan yang besar antara jari-jari tangan dengan bola, sehingga bola dapat meluncur dengan cepat.
  3. Bersiaplah melempar bola. Arahkan pandangan lurus ke sasaran. Kedua tangan di depan dada.
  4. Putarlah tubuh ke kanan. Pada saat bersamaan, angkatlah kaki kiri hingga setinggi lutut. Pandangan tetap ke arah sasaran. Tumpuan berada di kaki kanan. Kedua tangan tetap di depan dada.
  5. Sesaat akan melempar, tariklah tangan kanan ke belakang. Putarlah tubuh ke depan, jatuhkan kaki kiri ke depan.
  6. Lemparkan bola ke arah sasaran, atau sesuai arah yang dikehendaki. Pada saat yang bersamaan, pindahkan tumpuan ke kaki kiri, sehingga tubuh condong ke depan.
  7. Posisi jari tengah-jempol saat melempar bola adalah tegak.
  8. Perhatikan arah lemparan bola. Saat dilemparkan, bola akan meluncur lurus dengan arah putaran dari bawah ke atas.
Untuk bisa menguasai teknik melempar bola cepat dalam permainan baseball, pemain pelempar bola baseball harus melakukan latihan-latihan melempar bola secara rutin. Latihan yang digunakan bisa melakukan sendiri ataupun bersama teman, khususnya teman yang bertugas sebagai penangkap bola.

Sumber pustaka : Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan/Budi Aryanto, Margono; editor, Ahmad Rithaudin; ilustrator, Bayu Aprianto.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Teknik Melempar Bola Cepat (Fast Ball) Dalam Baseball"

Posting Komentar