Latihan Kecepatan dan Kelincahan Anggota Badan Bagian Atas



Bagikan:


Latihan kecepatan dan kelincahan [image by youtube.com] - 
Sebelum kita mengetahui apa saja bentuk latihan dan kelincahan, terlebih dahulu kita perlu mengetahui apa itu kecepatan dan kelincahan. Pada umumnya kecepatan ialah kemampuan untuk menempuh suatu jarak dalam waktu yang sesingkat-singkatnya. Sedangkan kelincahan (agility) ialah kemampuan seseorang untuk dapat mengubah arah dengan cepat dan tepat pada waktu bergerak tanpa kehilangan keseimbangan.

Melakukan latihan kecepatan dan kelincahan sangat penting, apa lagi seseorang yang mempunyai kegiatan dengan mengandalkan kecepatan dan kelincahan tubuh misalnya atlet olahraga. Perlu diketahui juga bahwa latihan kecepatan dan kelincahan dapat dibedakan menjadi dua macam yaitu latihan kecepatan dan kelincahan untuk anggota badan bagian atas dan bagian bawah.
Sebelum lanjut, baca juga informasi menarik lainnya mengenai peningkatan kebugaran dan kesehatan tubuh dibawah ini:
Pada kali ini kita akan membahas tentang latihan kecepatan dan kelincahan untuk anggota badan bagian atas. Anggota badan bagian atas yang dapat dilatih kecepatan dan kelincahannya ialah tangah termasuk juga lengan. Apa saja bentuk contoh latihan kecepatan dan kelincahan yang dapat dilakukan? Berikut ini beberapa latihanya.

Latihan Melemparkan Bola ke Tembok

Tujuan latihan melempar bola ke tembok adalah untuk melatih kecepatan dan kelincahan otot lengan. Cara melakukan latihan kecepatan dan kelincahan dengan latihan melempar bola ke tembok adalah sebagai berikut:
  1. Posisi berdiri di depan tembok sejauh 3 meter dengan membawa bola.
  2. Lemparkan bola dengan kedua tangan dari atas kepala diarahkan ke tembok hingga bola memantul kembali.
  3. Tangkaplah bola yang datang setelah memantul dari tembok.
  4. Bola dilemparkan kembali ke tembok, demikian seterusnya.
Latihan tersebut dilakukan berulang-ulang selama 60 detik, tanpa istirahat. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam latihan kecepatan dan kelincahan dengan latihan melempar bola ketembok yaitu:
  1. Lemparan harus tepat sasaran, tidak terlalu ke atas, ke bawah, atau melebar ke samping sehingga pada saat bola memantul dan kembali ke arah pelempar maka akan mudah untuk menangkapnya.
  2. Lemparan dilakukan secara cepat dan tepat sasarannya.

Latihan Lempar Tangkap Bola

Tujuan melakukan latihan lempar tangkap bola adalah untuk melatih kecepatan dan kelincahan tangan. Cara melakukan latihan kecepatan dan kelincahan dengan latihan lempar tangkap bola adalah sebagai berikut:
  1. Posisi berdiri saling berhadapan dengan jarak 3 meter.
  2. Salah satu teman memegang bola dengan dua tangan di depan dada, kemudian bola dilemparkan tepat di depan teman yang berada di hadapannya.
  3. teman yang berada dhadapannya menangkap bola dengan kedua tangan.
  4. Bola kembali dilemparkan kepada teman yang berada di depannya (arah serong), demikian seterusnya.
  5. Setelah sampai pada teman terakhir, bola dilemparkan kembali kepada teman yang sebelumnya melemparkan bola.
  6. Latihan tersebut dilakukan dalam waktu 60 detik tanpa istirahat.
Adapun hal-hal yang perlu diperhatikan dalam latihan kecepatan dan kelincahan dalam latihan lempar tangkap bola, yaitu:
  1. Lemparan harus tepat sasaran sehingga memudahkan teman lain untuk menangkapnya dan bola bisa segera dilemparkan ke teman selanjutnya.
  2. Lemparan dilakukan secara cepat.
Itulah dua bentuk latihan kecepatan dan kelincahan anggota bdan bagian atas beserta cara melakukannya dan hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk para pembaca sekalian.

Sumber pustaka : Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan 2/Sri Wahyuni, Sutarmin, Pramono; ilustrator, Daru, Tito.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Latihan Kecepatan dan Kelincahan Anggota Badan Bagian Atas"

Posting Komentar