Faktor yang Mempengaruhi Kebugaran Tubuh



Bagikan:


Fakror mempengaruhi kebugaran tubuh [image by fimela.com] - 
Kebugaran tubuh merupakan kesanggupan dan kemampuan untuk melakukan kerja atau aktivitas, mempertinggi daya kerja tanpa mengalami kelelahan yang berarti atau berlebihan. Kebugaran tubuh diperlukan oleh semua orang, apapun kegiatan dan profesinya karena dengan tingkat kebugaran tubuh yang baik, seseorang akan dapat menjalankan aktivitasnya dengan baik pula.

Terdapat beberap faktor yang mempengaruhi kebugaran tubuh seseorang, antara lain Makanan yang cukup dan bergizi, Kebiasaan hidup sehat, Istirahat atau tidur yang cukup, dan Latihan jasmani atau latihan olahraga. Berikut ini penjelasan dari keempat faktor tersebut.
Sebelum lanjut, baca juga informasi menarik lainnya mengenai peningkatan kebugaran dan kesehatan tubuh dibawah ini:

Makanan yang cukup dan bergizi

Fungsi makanan di dalam tubuh adalah untuk mendapatkan tenaga, zatzat pembangun sel tubuh, meningkatkan daya tahan tubuh, dan untuk kelancaran segala macam proses yang terjadi dalam tubuh. Fungsi-fungsi tersebut dapat terpenuhi bila makanan yang kita konsumsi cukup dan bergizi.

Kebiasaan hidup sehat

Kebiasaan hidup yang teratur, sehat, dan dikerjakan secara kontinu akan dapat memengaruhi tingkat kesegaran tubuh seseorang. Kebiasaan tersebut meliputi makan, mandi yang teratur, cuci tangan sebelum dan sesudah makan, gosok gigi, kebiasaan hidup bersih, dan lain-lain, termasuk juga menghindari kebiasaan yang merusak tubuh seperti merokok, minum-minuman keras, dan mengonsumsi narkoba.

Istirahat atau tidur yang cukup

Menurut penelitian, waktu tidur yang cukup untuk anak usia1-4 tahun adalah 12 jam per hari, usia 4-12 tahun adalah 10 jam per hari, untuk pelajar rata-rata waktu tidur 8 jam dalam sehari, dan untuk orang dewasa memerlukan waktu tidur 5-7 jam per hari.

Latihan jasmani atau latihan olahraga

Salah satu cara untuk meningkatkan kebugaran tubuh adalah melalui latihan jasmani atau berolahraga secara teratur dan kontinyu.

Itulah beberapa faktor yang mempengaruhi kebugaran badan seseorang. Dari penjelasan tersebut dapat kita simpulkan bahwa kebugaran tubuh dapat kita dapatkan dengan menerapkan gaya hidup sehat, yaitu memakan makanan yang bergizi dan sehat, melakukan olahraga rutin dan istirahat yang cukup, serta menjauhi kebiasaan buruk yang tidak sehat misalnya merokok dan meminum alkohol.

Sumber pustaka : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan 2/Budi Sutrisno, Muhammad Bazin Khafadi; editor, Tim Editor Putra Nugraha; ilustrator, Tim Ilustrasi Putra Nugraha.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Faktor yang Mempengaruhi Kebugaran Tubuh"

Posting Komentar