Peraturan Dalam Melakukan Tendangan Gawang (Goal Kick) Dalam Permainan Sepakbola



Bagikan:


Tendangan gawang [image by keeperportal.co.uk], 

Tendangan gawang diberikan saat seluruh bola melewati garis gawang, di tanah atau di udara, setelah terakhir menyentuh pemain tim penyerang, dan gol tidak dicetak. Sebuah gol bisa dicetak langsung dari tendangan gawang, tetapi hanya melawan lawan tim; jika bola langsung masuk ke gawang tendangan, tendangan sudut diberikan ke lawan jika bola meninggalkan area penalti.


Prosedur dalam melakukan tendangan gawan adalah sebagai berikut.
  1. Bola harus diam dan ditendang dari titik mana pun di dalam area kotak gawang oleh pemain tim bertahan
  2. Bola sedang bermain saat meninggalkan area penalti
  3. Lawan harus berada di luar area penalti sampai bola dimainkan
Pelanggaran dan sanksi jika melakukan kesalahan dalam melakukan tendangan gawang.
  1. Jika bola tidak meninggalkan area penalti atau disentuh oleh pemain sebelumnya meninggalkan area penalti tendangan diulang.
  2. Jika, setelah bola dimainkan, penendang menyentuh bola lagi sebelum bola menyentuh pemain lain tendangan bebas tidak langsung diberikan; jika penendang sengaja menangani bola:
    • tendangan bebas langsung diberikan
    • tendangan penalti diberikan jika pelanggaran terjadi di dalam penalti kicker daerah kecuali penendang adalah penjaga gawang dalam hal tendangan bebas tidak langsung diberikan.
  3. Jika lawan yang ada di area penalti saat tendangan gawang diambil, atau memasuki area penalti sebelum bola dimainkan, disentuh atau ditantang bola sebelum menyentuh pemain lain, tendangan gawang diulang.
  4. Jika pemain memasuki area penalti sebelum bola dimainkan dan melakukan pelanggaran atau dilanggar oleh lawan, tendangan gawang diulang dan pelaku mungkin diperingatkan atau dikirim tergantung pada pelanggaran. Untuk pelanggaran lainnya, tendangannya diambil kembali.

Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Peraturan Dalam Melakukan Tendangan Gawang (Goal Kick) Dalam Permainan Sepakbola"

Posting Komentar