Macam-Macam Gerakan Dasar Senam Lantai | EdukasiCenter



Bagikan:


Gambar pesenam lantai [image by GudangPelajaran.com], 

Senam merupakan olahraga yang mengandalkan kekuatan, kecepatan dan keserasian gerakan fisik yang teratur. Senam terdiri dari beberapa macam atau jenis, salah satunya ialah Senam Lantai. Dalam praktiknya, senam lantai dilakukan pada sebuah area dengan ukuran tertentu dan dilapisi dengan bahan yang lunak.


Jika teman-teman pernah melihat pertandingan senam lantai, pasti teman-teman akan terpukau melihat gerakan pesenam tersebut yang sangat indah dalam melakukan senam. Nah, gerakan-gerakan dalam senam lantai tersebut merupakan rangkaian dari beberapa gerakan dasar.

Informasi menarik lainnya tentang gerakan dalam senam lantai, bisa teman-teman baca dibawah ini.
Beberapa macam gerakan dasar dalam senam lantai diantaranya gerapakn guling depan, gerakan guling ke belakang, gerakan guling lenting, gerakan meroda, dan gerakan berdiri dengan tangan.

1. Gerakan Guling Depan (Forward Roll)
Yang dimaksud dengan guling depan atai forward roll adalah berguling ke depan dengan bagian belakangbadan (tengkuk, punggung, pinggang, dan panggul bagian belakang). Sikap awal gerakan guling depan bisa dengan jongkok dan berdiri, dan gerakan akhirnya juga bisa dengan jongkok atau berdiri. (Baca: Cara melakukan gerakan guling depan dalam senam lantai)
2. Gerakan Guling Belakang (Back Roll)
Yang dimaksud dengan guling belakang adalah mengguling badan ke belakang dengan posisi badan tetap harus membulat, yaitu kaki dilipat dengan lutut tetap melekat di dada dan kepala menunduk sampai dagu menyentuh dada. (Baca: Cara melakukan gerakan guling ke belakang dalam senam lantai)
3. Gerakan Guling Lenting (Neck Kip)
Neck kip adalah suatu gerakan lenting badan ke atas depan yang disebabkan oleh lemparan kedua kaki dan tolakan kedua tangan, dari sikap setengah guling depan atau setengah guling belakang dengan kedua kaki rapat dan lutut lurus. (Baca: Cara melakukan gerakan guling lenting dalam senam lantai)
4. Gerakan Meroda (Radsehlag)
Meroda adalah suatu gerakan memutar ke samping, yang suatu saat bertumpu pada kedua tangan dengan kaki terbuka lebar. Meroda dapat dilakukan dengan arah gerakan ke kanan atau ke kiri. Sebelum melakukan gerakan meroda, ada baiknya menguasai gerakan handstand atau berdiri dengan kedua tangan. (Baca: Cara melakukan gerakan merdoda pada senam lantai)
5. Gerakan Berdiri Dengan Tangan (Handstand)
Yang dimaksud dengan berdiri dengan tangan (handstand) adalah sikap tegak dengan bertumpu pada kedua tangan atau tegak atas kedua tangan dengan siku-siku lurus dan kedua kaki rapat lurus ke atas. Gerakan handstand akan lebih mudah jika dilakukan pada landasan yang keras dari pada di landasan yang lunak. (Baca: Teknik gerakan melakukan handstand dalam senam lantai)


Sumber referensi: Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Kelas VIII SMP/MTs/Sujarwadi, Dwi Sarjiyanto; editor, Fitriani Lestari H., Retno Susanti; ilustrator, D. Wisnu Kinardi, Dewi Isnaeni.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Macam-Macam Gerakan Dasar Senam Lantai | EdukasiCenter"

Posting Komentar