Cara Melakukan Servis Atas Menghadap Lapangan dan Servis Atas Menyamping Lapangan Dalam Permainan Bola Voli



Bagikan:


Gambar servis atas [image by cronkitesports.com], 

Salah satu teknik yang wajib dikuasai dan dipelajari oleh setiap pemain voli ialah teknik servis, sebab selain untuk mengawali suatu permainan juga teknik ini kadang bisa menghasilkan poin atau skor untuk tim. Apa yang dimaksud dengan servis?


Servis adalah salah satu teknik pukulan sebagai tanda dimulainya suatu permainan bola voli, dalam permainan bola voli modern, pukulan servis juga digunakan untuk menyerang. Pada umumnya servis dapat dilakukan dengan beberapa cara, salah satunya adalah servis atas.

Sebelum lanjut, baca juga informasi menarik lainnya mengenai Permainan Bola Voli dibawah ini:

Teknik Servis atas juga dapat dilakukan dengan beberapa cara, salah duanya ialah servis atas menghadap lapangan dan servis atas menyamping lapangan. Adapun cara melakukan servis atas menghadap lapangan dan servis atas menyamping lapangan adalah sebagai berikut.

1. Servis Atas Menghadap Lapangan
Berikut ini tahapan-tahapan dalam melakukan servis atas dengan menghadap lapangan.
  • Persiapan:
  • Berdiri dengan salah satu kaki berada di depan. Bola dipegang salah satu tangan sejajar dengan bahu. Sementara itu, tangan bebas berlawanan dengan posisi kaki yang didepan. Tangan bebas berada di samping kepala dengan siku ditekuk mengarah ke samping.
  • Pelaksanaan:
  • Lambungkan bola ke depan di atas kepala. Pukullah bola dengan menarik tangan bebas ke belakang lalu secara berkesinambungan tangan diayunkan ke depan atas (ke arah bola). Kuatkan pergelangan tangan saat memukul bola.
  • Penutup:
  • Lakukan gerakan lanjutan. Ikuti gerakan bola setelah dipukul melalui sikap lengan yang segaris dengan gaya dorong ke depan. Bersamaan dengan itu, langkahkan kaki belakang ke depan.
2. Servis Atas Menyamping Lapangan
Berikut ini tahapan-tahapan dalam melakukan servis atas dengan menyamping lapangan.
  • Persiapan :
  • Berdiri dengan salah satu kaki di depan. Bola dipegang salah satu tangan setinggi pinggang. Posisi badan menyamping lapangan. Sementara itu, tangan bebas berlawanan dengan posisi kaki yang di depan.
  • Pelaksanaan :
  • Lambungkan bola di depan ke atas kepala. Pukullah bola dengan mengayunkan tangan bebas dari bawah samping badan dan melewati kepala ke depan atas (ke arah bola). Kuatkan pergelangan tangan saat memukul bola.
  • Penutup :
  • Lakukan gerakan lanjutan. Ikuti gerakan bola setelah dipukul, melalui sikap lengan yang segaris dengan gaya dorong ke depan. Bersamaan dengan itu, putarkan kaki belakang ke depan membentuk sudut 90° atau 180°.


Sumber referensi: Arena Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan Untuk SMP/MTs kelas IX/Hilman Nurhuda, Mia Kusumawati; editor, Ricky Rusdhiyana, Nur Fajriyah.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Cara Melakukan Servis Atas Menghadap Lapangan dan Servis Atas Menyamping Lapangan Dalam Permainan Bola Voli"

Posting Komentar