Cara-Cara Melakukan Servis Dalam Olahraga Bola Voli



Bagikan:


Servis Lompat [image by volleyball-life.com],

Servis adalah pukulan bola untuk mengawali permainan. Bola yang diservis harus dapat melewati atas net dan jatuh di bidang permainan lawan. Servis dapat dilakukan dengan beberapa cara, yaitu Pukulan servis yang dilakukan dari arah bawah, Pukulan servis yang dilakukan dari arah depan dan Pukulan servis diawali dengan bola dilempar tinggi. Berikut ini penjelasan dari ketiga cara servis tersebut.


1. Pukulan servis yang dilakukan dari arah bawah

Tangan yang akan memukul bola harus lurus dan kencang. Siku tangan jangan dibengkokkan sampai bola terpukul lepas ke atas. Tinggi bola yang akan kita pukul disesuaikan dengan kebutuhan yang akan kita inginkan.



2. Pukulan servis yang dilakukan dari arah depan

Tangan yang akan memukul bola harus lurus. Jauh atau dekat berdirinya pemukul bola hendaknya disesuaikan dengan kondisi masing-masing pemukul. Bola yang dipukul dengan cara ini harus keras dan menukik ke bawah secara bergelombang.

Cara ini dilakukan sesuai dengan tinggi lompatan dan jangkauan tangan pemukul bola. Tangan tetap lurus untuk memungkinkan kerasnya pukulan. Pukulan ini disebut pula dengan istilah smash service.

Sumber pustaka : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan, disusun oleh Tarmudi B. Hafid; Ahmad Rithaudin. Jakarta : Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2011.

Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Cara-Cara Melakukan Servis Dalam Olahraga Bola Voli"

Posting Komentar