Taktik dan Strategi Dalam Perlombaan Lari Jarak Menengah



Bagikan:


Gambar perlombaan lari jarak menengah [image by GudangPelajaran.com], 
Lari jarak menengah merupakan salah satu nomor lari yang diperlombakan disetiap event-event olahraga nasional maupun internasional. Pada perlombaan lari jarak menengah terbagi menjadi beberapa nomor tergantung dari jaraknya, nomor perlombaan lari jarak menengah antara lain 800 meter, 1500 meter, dan 3000 meter.

Unuk bisa melakukan lari jarak menengah, setiap atlit perlu menguasai teknik-teknik dasarnya. Teknik lari jarak menengah terdiri dari start, sikap lari, dan masuk finis. Selain itu juga ada faktor yang penting harus dilakukan pelari yaitu style, stamina, speed, space judgement, dan leadership.
Sebelum lanjut, baca juga informasi menarik lainnya mengenai Perlombaan Lari Jarak Menengah dibawah ini:
Selain menguasai teknik dasar, setiap atlit lari jarak menengah juga perlu untuk mempunyai taktik dan strategi dalam berlari. Taktik yang baik dalam lari jarak menengah adalah upaya memaksimalkan teknik berlari dengan sempurna agar dapat memenangkan pertandingan secara sportif.

Terdapat beberapa taktik dan strategi dalam perlombaan lari jarak menengah yang perlu undilakukan saat perlombaan berlangsung, yaitu sebagai berikut.
  1. Berlari di lintasan bagian dalam.
  2. Tidak menyusul lawan di tikungan luar.
  3. Mengambil posisi di kelompok tengah untuk mengetahui kekuatan lawan.
  4. Tidak berlari terlalu kencang di awal perlomba.


Selain taktik dan strategi pada saat didalam perlombaan, terdapat pula taktik dan strategi diluar atau sebelum perlombaan lari jarak menengah. Taktik dan strategi diluar perlombaan ini hanya bersifat teknis saja, yaitu sebagai berikut.
  1. Strategi dipersiapkan sebelum perlombaan dilaksanakan.
  2. Situasi dan kondisi tempat, peralatan, asrama atau mess, dan makanan agar disesuaikan dengan keadaan pertandingan yang akan dihadapi.
  3. Perang syaraf dengan lawan yang akan dihadapi (media massa: elektronik atau cetak). Biasanya ditujukan untuk melemahkan mental bertanding lawan dan memompa semangat atlet atau kontingen agar berprestasi.
  4. Observasi kekuatan dan kelemahan lawan (melalui pertandingan langsung atau rekaman video) dan menyusun strategi untuk mengalahkan lawan.
  5. Latihan mengotomatiskan teknik start, irama langkah kaki (pace), lintasan lari, akselerasi lari menjelang garis finish, dan teknik menggapai garis finish.
  6. Pelatih dan official biasanya lebih berperan daripada atlet dalam pembentukan dan penerapan strategi perlombaan atau pertandingan.
Sumber referensi: Sumber referensi: Praktis Belajar Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan Untuk SMA/MA/SMK kelas XII/ Eli Maryani, Jaja Suharja Husdarta; editor, Dadan Ahmad Sobardan.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Taktik dan Strategi Dalam Perlombaan Lari Jarak Menengah"

Posting Komentar