Cara Melakukan Teknik Awalan Dalam Lempar Lembing



Bagikan:


Awalan lempar lembing [image by gudangpelajaran.com], 

Lempar lembing merupakan salah satu cabang olahraga atletik nomor lempar. Lembing adalah alat yang digunakan dalam olahraga ini. Alat ini berbentuk seperti tombak dengan sudut tajam di salah satu ujungnya. Pada dasarnya lempar lembing berarti melempar lembing dari tangan dengan sekuat tenaga untuk memperoleh jarak lemparan sejauh mungkin.


Dalam melakukan gerakan lempar lembing, setidaknya terdapat tiga tahapan yaitu awalan, gerakan melempar, dan akhiran. Gerakan awalan dalam lempar lembing merupakan tahap awal dalam kesuksesan lemparan nantinya. Berdiri dan berlari termasuk kedalam teknik gerakan awalan dalam lempar lembing.

Adapun teknik awalan dalam lempar lembing ialah dengan berdiri menghadap arah lemparan, lembing dipegang dan diangkat setinggi telinga dengan siku tertekuk, mata lembing serong ke atas. Kemudian lakukan awalan lari dengan cepat ke arah lemparan, dengan membawa lembing di atas kepala dengan lengan ditekuk, sikut menghadap ke depan dan telapak tangan menghadap atas.

Pada saat kaki kanan sampai pada tanda yang telah ditentukan, tangan kanan meluruskan lembing ke belakang bawah. Bagian terakhir awalan terdiri atas langkah silang (cross step). Pada bagian akhir dapat dilakukan langkah dengan beberapa cara berikut.

  1. Dengan jingkat (hop step)
  2. Dengan langkah silang di depan (cross step)
  3. Dengan langkah silang di belakang (rear cross step)

Proses peralihan (cross step) dilakukan saat kaki diturunkan. Kedua bahu diputar perlahan ke arah kanan (bukan kidal), lengan kanan mulai bergerak dan diluruskan ke arah belakang dengan tubuh bagian atas condong ke belakang. Pandangan selalu melihat lurus ke depan.

Setelah itu masuk ke tahap persiapan untuk ancang-ancang akan melempar lembing, melempar lembing dan kemudian akhiran setelah melempar lembing. Dalam tahap teknik awalan ini, sangat dibutuhkan penguasaan beberapa teknik dasar, yaitu teknik memegang lembing, teknik membawa lembing, dan teknik berlari.

Adapun kesalahan yang banyak atau sering dilakukan oleh atlet lempar lembing saat melakukan awalan dalam melempar lembing yaitu kecepatan lari saat mengambil awalan tidak diatur dengan baik. Kadang kecepatan berlari pada awal terlalu lambat dan terlalu cepat.


Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Cara Melakukan Teknik Awalan Dalam Lempar Lembing"

Posting Komentar