Pembagian Posisi Pemain Dalam Permainan Bola Voli



Bagikan:


Pemain Bola Voli [sports.sindonews.com]

Bola voli adalah suatu permainan yang dimainkan oleh dua regu yang masing-masing regu terdiri atas 6 orang pemain. Setiap regu berusaha untuk dapat memukul dan menjatuhkan bola ke dalam lapangan melewati jaring atau net bagian atas dan mencegah pihak lawan dapat memukul atau menjatuhkan bola ke dalam lapangannya.


Berdasarkan posisi di lapangan, pemain bola voli dikelompokkan menjadi 2 macam, yaitu pemain depan atau forward player dan pemain belakang. Penyerangan dilakukan oleh pemain depan dan pertahanan dijaga oleh pemain belakang. Meskipun demikian, dalam sebuah permainan, pemain belakang pun dapat bertindak sebagai penyerang. Berikut adalah pembagian posisi dari permainan bola voli.

Sebelum lanjut, baca juga informasi menarik lainnya mengenai Permainan Bola Voli dibawah ini:
1. Pengumpan

Dalam permainan, pengumpan adalah pemain yang bertugas menggerakkan atau mengatur serangan. Pengumpan atau tosser disebut juga playmaker. Tosser menempatkan dirinya di daerah serang dan dapat meneruskan bola kedua pada pemukul.

2. Pemukul

Pemukul merupakan pemain penyerang yang mempunyai posisi di daerah depan. Selama permainan, pemukul bertugas melancarkan smes ke daerah lawan agar bola sulit dibendung. Dalam melakukan serangan, pemukul atau smasher juga melakukan gerak tipuan untuk menembus daerah atau pertahanan lawan.

3. Pembendung

Selain pemukul, daerah depan juga ditempati oleh pembendung yang bertugas menahan serangan lawan dan membatasi keleluasaan pukulan dan tipuan lawan di dalam daerah serangan.

4. Penutup

Pemain penutup bertanggung jawab melindungi tempat yang kosong di daerah pemain pembendung saat sedang menahan serangan lawan atau sedang melancarkan smes.

Itulah informasi singkat mengenai pembagian posisi pemain dalam permainan bola voli, kini kita mengetahui bahwa terdapat 4 posisi yang terdapat dalam permainan bola voli, yaitu pengumpan (tosser), pemukul (smasher), pembenduk (blocker), dan penutup.

Sumber referensi: Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Untuk SMA, MA, dan SMK Kelas XI / disusun oleh Tarmudi B Hafid ; Ahmad Rithaudin. --Jakarta : PusatKurikulum dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2011.



Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Pembagian Posisi Pemain Dalam Permainan Bola Voli"

Posting Komentar