Tugas dan Kewajiban Wasit Dalam Permainan Bola Voli



Bagikan:


Wasit bola voli [www.wsj.com]

Bola voli adalah suatu permainan yang dimainkan oleh dua regu yang masing-masing regu terdiri atas 6 orang pemain. Permainan bola voli diciptakan di kota Holyoke, Massachusetts, Amerika Serikat pada tahun 1895 oleh William G. Morgan.


Pada prinsipnya tujuan dari permainan bola voli ini ialah Setiap regu berusaha untuk dapat memukul dan menjatuhkan bola ke dalam lapangan melewati jaring atau net bagian atas dan mencegah pihak lawan dapat memukul atau menjatuhkan bola ke dalam lapangannya. Agar permainan bola voli dapat berjalan dengan baik maka dibutuhkan adanya wasit.

Sebelum lanjut, baca juga informasi menarik lainnya mengenai Permainan Bola Voli dibawah ini:

Wasit yang bertugas pada permainan bola voli terdiri dari Referee (wasit I), Umpire (wasit II), Score (pencatat nilai), dan Linesman (penjaga/pengawas garis). Tugas dan kewajiban wasit dalam permainan bola voli adalah sebagai berikut.

    Referee (wasit I)
    • Bertanggung jawab atas pelanggaran dalam pertandingan.
    • Harus meniup peluit kapan saja diperlukan untuk memutuskan suatu kesalahan untuk hukuman pindah servis atau tambahan nilai dari suatu regu yang bertanding.
    • Memiliki kekuasaan mutlak. Jadi, bila salah satu pembantunya berbuat kesalahan, keputusan secara tegas dapat diambilnya.
    Umpire (wasit II)
    • Membantu wasit I.
    • Setiap ada time out wasit II harus menguasai bola dan memberikan laporan berapa kali time out masing-masing regu kepada wasit I dan coach masing-masing regu.
    • Jika wasit I dianggap tidak cakap (tidak mampu), wasit II harus sanggup mengambil alih tugas wasit I.



    Score (pencatat nilai)
    • Selain mencatat nilai, jika diminta, pencatat nilai harus menyatakan kepada coach/kapten regu jumlah pergantian dan team out yang telah diberikan.
    • Mencatat dan mengawasi urutan servis dari masing-masing regu dan mencatat semua teguran dan peristiwa yang terjadi ketika pertandingan berlangsung.
    Linesman (penjaga/pengawas garis)
    • Mengawasi bola masuk atau keluar lapangan permainan untuk dilaporkan kepada wasit I dengan kode-kode yang sudah ditentukan.
    • Untuk pertandingan penting, sebaiknya menggunakan empat orang penjaga garis yang ditempatkan pada perpanjangan garisgaris dan mereka harus berdiri dengan membawa bendera kecil.



Itulah penjelasan singkat tentang tugas dan kewajiban wasit dalam permainan bola voli, setiap wasit harus dituntut untuk lebih adil menjalankan tugasnya dalam pertandingan, akan tetapi setiap tim juga harus bersikap dewasa dalam menerima keputusan wasit, agar supaya setiap pertandingan dapat berjalan dengan lancar.

Sumber referensi: Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Untuk SMA, MA, dan SMK Kelas XI / disusun oleh Tarmudi B Hafid ; Ahmad Rithaudin. --Jakarta : PusatKurikulum dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2011.

Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Tugas dan Kewajiban Wasit Dalam Permainan Bola Voli"

Posting Komentar