Ukuran Lapangan Futsal



Bagikan:


Ilustrasi permainan futsal [image by Dakta.com], 

Olahraga futsal hampir sama dengan olahraga sepak bola, hanya yang memebdakan dari kedua olahraga populer di dunia ini hanya pada jumlah pemain, ukuran lapangan, serta beberapa peraturan yang ada. Jika anda sering bermain futsal atau suka menonton pertandingan futsal pasti mengetahui perbedaan-perbedaan apa saja yang ada pada kedua olahraga ini.


Pada artikel ini kita akan membahas mengenai lapangan futsal standar yang dipakai pada pertandingan-pertandingan internasional. Pada pertandingan-pertandingan futsal internasional lapangan yang digunakan untuk bermain futsal merupakan lapangan yang rata dan tidak berlapiskan rumput (rumput asli atau rumput buatan) beda dengan kebanyakan lapangan futsal yang ada di Indonesia yang mempunyai lapangan yang berlapiskan rumput sintetis atau buatan.

Lapangan futsal berbentuk persegipanjang. Permukaan lapangan harus rata dan tidak licin. Lantai lapangan futsal biasanya dilapisi dengan rumput sintetis atau bagan dari kayu, tetapi hindari lapisan lapangan dari beton atau bata.

  • Untuk pertandingan non internasional, dimensinya sebagai berikut:
  • Panjang (garis sentuh): Minimal 25m Maksimal 42m
    Lebar (garis gawang): Minimal 16m Maksimal 25m
  • Untuk pertandingan internasional dimensinya sebagai berikut:
  • Panjang (garis sentuh): Minimal 38m Maksimal 42m
    Lebar (garis gawang): Minimal 20m Maksimal 25m

Lapangan ditandai dengan garis-garis yang berfungsi sebagai pembatas. Lebar seluruh garis di lapangan adalah 8 cm. Lapangan dibagi menjadi dua bagian pada bagian tengah lapangan. Titik tengah lapangan ditandai dengan sebuah titik. Titik tengah lapangan berada pada lingkaran tengah lapangan dengan radius 3 meter.

Daerah seperempat lingkaran di depan garis gawang memiliki radius 6 meter. Titik penalti berada 6 meter dari titik tengah garis gawang. Titik penalti kedua berada 10 meter dari titik tengah antara posisi tiang gawang vertikal.

Dua tanda tambahan, masing-masing pada jarak 5m ke kiri dan kanan tanda 10m, harus dibuat di lapangan untuk menunjukkan jarak minimum yang harus diperhatikan pemain ketika tendangan dilakukan dari tanda 10m. Ini adalah tanda lingkaran dengan radius masing-masing 4 cm.

Titik tendangan pojok memiliki radius 25 cm, di setiap sudut lapangan. Zona pergantian pemain terletak di separuh lapangan dengan jarak 5m dari garis tengah, dan panjangnya 5m.

Sumber rujukan:
https://digitalhub.fifa.com/m/2db4520788a5dd8/original/Futsal-Laws-of-the-Game-2022-2023-EN.pdf

Postingan Terkait:

Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Ukuran Lapangan Futsal"

Posting Komentar