Lebar dan Tinggi Mistar Gawang Pada Olahraga Futsal



Bagikan:


Ilustrasi permainan futsal [image by braling.com], 

Futsal adalah permainan bola yang dimainkan oleh dua tim, yang masing-masing beranggotakan lima orang. Tujuannya adalah memasukkan bola ke gawang lawan, dengan memanipulasi bola dengan kaki. Selain lima pemain utama, setiap regu juga diizinkan memiliki pemain cadangan. (wikipedia)


Gawang pada permainan futsal secara bentuk hampir sama dengan gawang pada permainan sepak bola, akan tetapi jika diperhatikan lebih jelas lagi  maka terdapat beberapa perbedaan, salah satunya pada ukurannya. Ukuran gawang permainan futsal adalah sebagi berikut.

  1. Gawang terdiri atas dua buah tiang sejajar dalam posisi vertikal dengan jarak yang sama dari setiap sudut dan pada sisi atasnya dihubungkan dengan tiang horizontal.
  2. Gawang harus diletakkan tepat pada tengah-tengah garis gawang.
  3. Jarak kedua tiang vertikal adalah 3 meter dan jarak dari sisi bawah batangan atas ke dasar permukaan lapangan adalah 2 meter.
  4. Tiang vertikal dan tiang horizontal memiliki diameter 8 cm.
  5. Jaring gawang terbuat dari tali rami, goni, atau nilon, yang dikaitkan pada kedua tiang vertikal dan horizontal pada sisi belakang gawang.
  6. Kedalaman gawang adalah jarak dari ujung bagian dalam dari posisi gawang langsung ke arah sisi luar lapangan, minimal 80 cm pada bagian atas dan 100 cm pada bagian bawah.

Gawang harus diletakkan tepat pada tengah-tengah garis gawang. Tiang gawang dan mistar gawang harus terbuat dari bahan yang disetujui dan tidak boleh berbahaya. Jaring gawang terbuat dari tali rami, goni, atau nilon, atau dari bahan yang memadai. yang dikaitkan pada kedua tiang vertikal dan horizontal pada sisi belakang gawang.

Gawang tidak boleh mengganggu penjaga gawang. Disarankan agar semua gawang digunakan dalam kompetisi resmi yang diselenggarakan di bawah naungan FIFA atau konfederasi tidak menggunakan struktur asing apa pun yang dapat mencegah bola tidak masuk ke gawang.

Gawang harus mempunyai sistem stabilisasi yang mencegahnya terbalik. gawang tidak boleh dipasang ke tanah, tetapi harus memiliki beban yang cukup di bagian belakang untuk memungkinkan tiang gawang bergerak secara wajar tanpa membahayakan keselamatan para peserta.

Sumber rujukan :
  1. https://digitalhub.fifa.com/m/2db4520788a5dd8/original/Futsal-Laws-of-the-Game-2022-2023-EN.pdf (Hal 18-19)
  2. Praktis Belajar Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan/ Eli Maryani, Jaja Suharja Husdarta.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Lebar dan Tinggi Mistar Gawang Pada Olahraga Futsal"

Posting Komentar