Posisi Tubuh Dalam Renang Gaya Punggung (Back Stroke) | Edukasi Center



Bagikan:


Renang gaya punggung [image by inforenang.com], 
Posisi Tubuh Dalam Renang Gaya Punggung  (Back Stroke) ~ Gaya punggung (back stroke) adalah gaya berenang dengan posisi punggung menghadap ke permukaan air. Jadi posisi wajah adalah menghadap ke atas, perenang mudah dalam mengambil napas, tetapi tidak bisa melihat ke depan. Gaya berenang sama dengan gaya bebas, namun dilakukan dengan posisi tubuh telentang.

Posisi tubuh dalam renang gaya punggung adalah telentang dan mengapung di permukaan air. Berikut ini sikap tubuh yang dilakukan serta teknik meluncurkannya.
  1. Badan menghadap dinding kolam dengan kedua tangan berpegangan pada besi pegangan.
  2. Kedua kaki ditekuk dengan posisi telapak kaki menempel pada dinding kolam. Kedua lutut berada di antara kedua lengan.
  3. Melepaskan pegangan tangan terhadap tepi kolam, kemudian kepala dan badan diluruskan ke belakang. Gerakan tersebut dilakukan bersamaan dengan gerakan kaki yang mendorong dinding kolam sekuat mungkin. Akibatnya, tubuh perenang akan terdorong ke belakang. Inilah gerak meluncur.
  4. Posisi wajah tetap dijaga agar berada di atas permukaan air serta kedua lengan di samping badan.


Sumber pustaka : Penjasorkes/Joko Sumpeno, Dedy Joko Budi Santoso; editor, Joko Sumpeno, Dedy Joko Budi Santoso.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Postingan Terkait:

Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Posisi Tubuh Dalam Renang Gaya Punggung (Back Stroke) | Edukasi Center"

Posting Komentar