Perlengkapan yang Digunakan Dalam Permainan Futsal



Bagikan:


Lapangan futsal [image by lagofutsal.blogspot.com], 

Futsal adalah permainan bola yang dimainkan oleh dua tim, yang masing-masing beranggotakan lima orang. Secara teknik futsal dan sepak bola mempunyai kesamaan, akan tetapi pada sistem permainan mempunyai beberapa perbedaan, diantaranya luas lapangan, jumlah pemain, lantai lapangan, dan lainnya.


Untuk menunjang sebuah pertandingan futsala maka sebaiknya mempersiapkan perlengkapan-perlengkapan yang wajib disediakan dalam permainan futsal, yaitu lapangan, bola, dan gawang. Berikut ini penjelasan dari perlengkapan standar dari permainan futsal.

1. Ukuran dan Bahan Lapangan
Lapangan futsal berbentuk persegi panjang dan berada di dalam ruangan. Namun, ada juga lapangan futsal yang berada di luar ruangan. Berikut ini ukuran lapangan permainan futsal berdasarkan standar FIFA.
  • Panjang : 25 – 42 meter
  • Lebar : 15 – 25 meter
  • Semua garis memiliki lebar 8 cm. Pada titik garis tengah lapangan terdapat lingkaran dengan jari-jari 3 meter. Seperempat lingkaran garis gawang dengan jari-jari 6 meter. Titik penalti berjarak 6 meter. Titik penalti kedua berjarak 10 meter. Titik tendangan pojok memiliki jari-jari 25 cm.
Adapun bahan lantai lapangan futsal bermacam-macam, yang biasanya kita lihat di lapangan-lapangan futsal ialah karpet rumput sintetis. Akan tetapi terdapat pula beberapa bahan pembuat lantai lapangan futsal yaitu lantai karpet vinyl, lapangan futsal parquette, karpet plastik, lapangan futsal taraflex, dan lapangan futsal semen.

2. Ukuran, berat, dan bahan bola
Bola futsal berbentuk bulat sempurna. Terbuat dari bahan kulit atau bahan lain yang layak. Keliling bola 62–64 cm, berat bola 400 – 440 gram, dan tekanan bola 0,4 – 0,6 atm.

3. Gawang
Gawang tim lawan adalah sasaran setiap pemain dalam permainan futsal. Berikut ukuran gawang permainan futsal.
  • Jarak tiang gawang ialah 3 meter.
  • Kedalaman gawang 80 cm di bagian atas dan 100 cm di bagian bawah.
  • Gawang dilengkapi dengan jaring yang terbuat dari tali rami, goni, atau nilon.
Sumber pustaka: Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan /Yusuf Hidayat, Sindhu Cindar Bumi, Rizal Alamsyah; ilustrator, Tim Redaksi.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Postingan Terkait:

Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Perlengkapan yang Digunakan Dalam Permainan Futsal"

Posting Komentar