Teknik Melakukan Gerakan Guling ke Depan Dalam Senam Lantai



Bagikan:


Ilustrasi gerakan guling depan

Senam lantai merupakan olahraga yang mengandalkan aktivitas seluruh anggota badan. Gerakannya mirip balet dan berjungkir balik, biasanya tanpa alat bantu. Senam lantai mengacu pada gerak kombinasi terpadu mengutamakan keseimbangan, kekuatan, kelenturan, dan ketajaman gerak. Salah satu gerakan yang ada dalam senam lantai yaitu Gerakan Guling ke Depan (Forward Roll).


Guling depan (Forward Roll) adalah gerakan badan mengguling ke depan mulai tengkuk, punggung, pinggang, dan panggul bagian belakang. Cara melakukannya yaitu sikap awal Sikap jongkok kemudian kedua telapak tangan menyentuh matras lalu dagu mengenai dada.

Setelah melakukan sikap awal, kemudian dilanjutkan dengan gerakan, caranya yaitu Kaki diluruskan, Berat badan dipindah ke lengan, Letakkan pundak hingga badan, Mengguling diikuti kedua kaki hingga badan berguling. Pada sikap akhir Kedua kaki mendarat, kedua tangan memegang lutut serta melakukan Posisi jongkok.

Latihan penunjang guling depan antara lain push up, sit up, cium lutut, dan sit up berbentuk huruf V. Kesalahan-kesalahan umum pada guling depan, antara lain: Sikap awal sudah salah, Kaki dibengkokkan, Kepala menyentuh matras, Togok jauh dari kaki, Badan kurang bulat dan Tangan mendorong kurang kuat.



Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Teknik Melakukan Gerakan Guling ke Depan Dalam Senam Lantai"

Posting Komentar