Teknik Latihan Keseimbangan Dengan Bertumpu Pada Selain Kaki Dalam Senam Dasar



Bagikan:


Ilustrasi gerakan berdiri dengan tangan

Senam mempunyai berbagai macam, Menurut macamnya olahraga senam dapat dibedakan menjadi dua, yaitu senam alat (yang menggunakan alat dalam gerakannya) dan senam tanpa alat (yang tidak menggunakan alat dalam gerakannya. Senam dasar dengan bentuk keseimbangan yang bertumpu pada selain kaki dapat diperagakan sebagai berikut.


1. Sikap lilin

Sikap lilin adalah sikap tidur telentang, kemudian mengangkat kedua kaki ke atas lurus dan kedua tangan menopang di pinggang. cara atau teknik Pelaksanaannya yaitu: Tidur telentang kedua kaki rapat; Kedua tangan di samping badan, pandangan ke atas; Angkat kedua kaki ke atas; Badan mengikuti gerakan ke atas; Badan dan kaki membentuk satu garis lurus; dan Kedua tangan menopang pinggang.

Sikap lilin

2. Berdiri dengan kedua tangan (handstand)

handstand merupakan sikap dengan menggunakan tangan sebagai kaki sehingga berjalan dengan terbalik. cara atau teknik Pelaksanaannya yaitu: Siswa berpasangan, yang satu membantu; Kedua telapak tangan bertumpu pada matras; Angkat kedua kaki lurus, mengikat beban; Setelah agak lurus dan kuat, lepas; dan Sikap handstand tahan 30 detik.

Latihan penunjang untuk handstand antara lain push up, sit up, back up, dan split. Kesalahan-kesalahan umum dalam melakukan handstand, di antaranya: Tangan diletakkan berlalu jauh dengan kaki; Ketika kaki diangkat, kedua tangan bengkok; dan Gerakan kaki tidak lewat samping.


Berdiri dengan kedua tangan (handstand)

3. Berdiri dengan kepala (kopstand)

Cara atau teknik Pelaksanaan Berdiri dengan kepala (kopstand) yaitu: Jongkok; Kedua telapak tangan diletakkan pada matras; Letakkan kepala di depan kedua tangan (membentuk titik segitiga); dan Angkat badan ke atas diikuti kedua kaki bersandar ke dinding tahan 30 detik.


Berdiri dengan kepala (kopstand)

Sumber pustaka : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan/Sodikin Chandra, Achmad Esnoe Sanoesi.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Teknik Latihan Keseimbangan Dengan Bertumpu Pada Selain Kaki Dalam Senam Dasar"

Posting Komentar