Teknik Melakukan Gerakan Meroda Dalam Senam Artistik



Bagikan:


Teknik Melakukan Gerakan Meroda Dalam Senam Artistik

Keterampilan meroda atau baling-baling adalah gerakan yang menarik, dan aman dilakukan di mana saja, misalnya di lapangan rumput, di lantai atau di matras. Kunci keberhasilan gerakan meroda berada pada kekuatan lengan dan bahu serta keseimbangan momentum putaran badan.


Agar berhasil di dalam melakukan gerakan meroda perlu beberapa cara untuk melatihnya, di antaranya adalah:

Latihan Meroda dengan Melewati Rintangan Benda

Adapun caranya adalah sebagai berikut. Bertumpu pada kedua tangan dengan mencoba melewatkan kedua tungkai secara bergantian melewati bangku, bola atau gulungan matras.

Latihan Meroda dengan Bantuan Teman

Adapun caranya adalah sebagai berikut. Teman berdiri di samping pesenam, pesenam meletakkan kedua tangannya ke lantai sambil mengangkat kaki satu per satu ke atas. Ketika telah berada di posisi hand stand dengan kedua tungkai dibuka, penolong memegangi pinggang pesenam dan membantunya sampai pesenam berdiri tegak kembali.

Setelah beberapa kali melakukan latihan dengan memilih salah satu bentuk latihan di atas yang sesuai dengan situasi dan kondisi sekolah, maka lakukan gerakan meroda tanpa bantuan teman atau alat yang lain. Caranya:

  • Sikap awal berdiri tegak dengan dua lengan diangkat lurus.
  • Untuk meroda ke kiri, angkatlah kaki kiri ke depan sambil mencondongkan tubuh ke depan.
  • Tempatkan kaki kiri ke lantai kira-kira sejangkauan kaki dan segaris dengan kaki belakang.
  • Dorongan kaki kiri menjadi pengungkit, kemudian angkat kaki kanan ke atas dan segera letakkan tangan kiri disusul dengan tangan kanan untuk berdiri dengan kedua tangan dalam keadaan kedua kaki terbuka lebar.
  • Untuk kembali ke posisi berdiri, turunkan kaki kanan bersamaan dengan mengangkat lengan kiri secara berurutan, kemudian kaki mendarat dan tangan kanan lepas dari lantai untuk tiba pada posisi berdiri dengan kaki terbuka lebar.
  • Untuk gerakan meroda ke arah kanan tinggal pelaksanaannya dilakukan dengan arah kebalikannya.




Sumber pustaka : Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan VIII/Faridha Isnaini, Suranto.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

2 Responses to "Teknik Melakukan Gerakan Meroda Dalam Senam Artistik"

  1. kenapa ga bisa di copasss......??????
    ini kan buat tugaaaaasss....... :@

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf gan., memang sengaja saya setting agar artikelnya tidak bisa dicopas, sebab artikel ini saya copas juga dari buku., Jadi saya hormati penulis bukunya...., sekali lagi maaf gan.., kalo mau dicopas silahkan diketik saja..... :)

      Terima kasih atas kunjungannya.... :)

      Hapus