Gerakan Tangan Dalam Senam Aerobik



Bagikan:


Senam aerobik [image by kawaiibeautyjapan.com]

Latihan gerakan senam aerobik merupakan latihan yang menggerakkan seluruh bagian tubuh, dengan gerakan yang terus- menerus, berirama, maju, dan berkelanjutan. Dalam senam aerobik biasa dipilih gerakan yang mudah, menyenangkan, dan bervariasi. Dalam menyusun latihan senam aerobik ada beberapa hal yang harus diperhatikan, yang meliputi prinsip-prinsip latihan dan tahapan pelaksanaan latihan.


Salah satu prinsip yang harus diperhatikan adalah dalam pelaksanaan gerak harus tepat serta dilakukan dengan sikap permulaan dan sikap akhir yang benar. Berikut ini beberapa gerakan tangan dan kaki dalam senam aerobik. Selama melakukan aerobik, tangan pesenam bergerak secara aktif dan kontinu. Berikut ini beberapa contohnya.

1. Mengangkat Tangan ke Depan

Dalam posisi badan tegak dan pandangan ke depan, pada hitungan 1 kedua tangan diangkat di depan badan hingga setinggi bahu, kemudian pada hitungan 2 tangan diturunkan kembali ke posisi semula.

2. Gerakan Buka dan Silang

Pada hitungan 1 kedua tangan diangkat ke samping, dan pada hitungan 2 kedua tangan disilangkan di depan dada.

3. Gerakan Kera

Dengan mengikuti irama musik, gerakkan satu tangan di atas kepala dengan mengepalkan tangan ke arah kiri (untuk tangan kanan). Hal yang sama dilakukan tangan satunya yang berada di bawah sejajar pinggang, dengan arah gerak berlawanan. Gerakan dilakukan berulangulang dan bergantian ke atas dan ke bawah.

4. Gerakan Memompa

Kedua tangan diletakkan pada sisi kanan dan kiri badan dengan posisi siku agak ditekuk dan tangan mengepal. Selanjutnya, dengan mengikuti irama kedua tangan digerakkan ke depan dan belakang secara bergantian.

5. Gerakan Tinju

Tangan dikepalkan kemudian didorong ke depan, ke atas, ke bawah, ataupun menyilang seperti gerakan petinju. Caranya, pada hitungan 1 meninju, dan pada hitungan 2 kembali ke posisi semula.

6. Gerakan Mengayun

Pada hitungan 1 mengayunkan lengan kanan, hitungan 2 kembali posisi semula (sikap normal), dan pada hitungan 3 mengayunkan lengan kiri.

7. Gerakan Tepukan

Gerakan ini dilakukan dengan menepukkan kedua tangan pada paha, dan harus dilakukan dengan hati-hati, jangan sampai memukul diri sendiri terlalu keras.

Ada beberapa kategori dalam senam aerobik berdasarkan tingkat intensitas gerakan dan pola kaki yang digunakan. Ketiga kategori tersebut yaitu low impact (benturan ringan), moderate impact (benturan sedang), dan high impcat (benturan keras).

Tingkat benturan yang berbeda tersebut berdasarkan perbedaaan dalam hal sentuhan salah satu kaki pada lantai. yaitu, Senam Aerobik Low Impact, Senam Aerobik Moderate Impact dan Senam Aerobik High Impact.

Daftar Pustaka : Penjasorkes/Joko Sumpeno, Dedy Joko Budi Santoso; editor, Joko Sumpeno, Dedy Joko Budi Santoso.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Gerakan Tangan Dalam Senam Aerobik"

Posting Komentar