Latihan Gerakan Lompat Jongkok Dalam Senam Ketangkasan



Bagikan:


Gerakan Lompat Jongkok Dalam Senam Ketangkasan

Lompat jongkok adalah jenis lompatan mendasar. Untuk melakukan lompat jongkok diperlukan tolakan kedua kaki dan dorongan kedua tangan pada peti lompat. Peti lompat adalah salah satu alat yang digunakan dalam senam. Berikut ini cara melakukan lompat jongkok.


  1. Dari awalan lari cepat, kemudian ke gerak setelah take off jangkaukan kedua tangan ke atas peti lompat dengan kedua lengan diluruskan. Selanjutnya, berusaha untuk menghentikan gerakan bahu yang cenderung terdorong ke depan.
  2. Layangan pertama harus lama dan rendah.
  3. Gerakan tolakan akan menjadi efektif melalui dorongan kedua tangan ke belakang. Sudut yang dibentuk lengan dengan badan diperkecil, yang dilanjutkan dengan mengangkat kedua lengan ke atas dan ke depan.
  4. Menjelang pendaratan (layangan kedua) badan harus diluruskan.
Dalam melakukan lompat jongkok ada beberapa hal yang harus diperhatikan, diantaranya adalah uraian berikut ini.
  1. Ketika kedua tangan menyentuh peti lompat, pinggul harus dibawa ke arah kedua tangan. Pada saat ini tungkai sudah mulai dibengkokkan.
  2. Bengkokkan kedua lengan seminimal mungkin.
  3. Tolakan dari peti lompat harus sudah selesai sebelum bahu melewati garis vertikal.
  4. Untuk memperbesar keleluasaan gerak pada layangan pertama atau kedua, dapat menggunakan benda seperti kotak atau tali sebagai alat untuk dilewati.
Daftar Pustaka : Penjasorkes/Joko Sumpeno, Dedy Joko Budi Santoso; editor, Joko Sumpeno, Dedy Joko Budi Santoso.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Latihan Gerakan Lompat Jongkok Dalam Senam Ketangkasan"

Posting Komentar