Latihan Gerakan Lenting Tengkuk



Bagikan:


Latihan Gerakan Lenting Tekuk

Dalam senam, khususnya senam lantai dikenal beberapa gerakan dasar yang harus dikuasai oleh setiap pesenam. Biasanya jika telah menguasai gerakan dasar ini akan dikombinasikan dengan gerakan-gerakan lainnya sehingga menghasilkan gerakan yang sangat indah.


Salah satu gerakan dasar tersebut ialah lenting tekuk atau head spring, tujuan dari latihan ini adalah untuk melatih ketangkasan guling lenting ke depan. Persiapan yang harus dilakukan sebelum memulai latihan yaitu pemanasan yang menekankan pada kekuatan otot lengan dan bahu dan lain-lain.

Pelaksanaan latihan ini yaitu :
  • Sikap bertumpu dengan kedua telapak tangan.
  • Angkat pinggul keatas lebih tinggi dari bahu.
  • Masukkan kepala ke antara dua lengan sambil membengkokkan siku hingga pundak menyentuh matras.
  • Pada saat pundak menyentuh matras dilanjutkan dengan berguling ke depanbersamaan dengan melecutkan kedua tungkai ke atas dan ke depan.
  • Pada saat tungkai dilecutkan bersamaan dengan menggerakkan pinggang, maka pinggul akan menolakkan kedua telapak tangansecaa bersamaan, sehingga badan masih melayang ke atas dan ke depan menyerupai busur.
  • Setelah melayang badan mendarat dengan kedua kaki secara bersamaan. Ibu jari kaki rapat dan tungkai lurus. Badan masih ada saat melenting sedangkan kepala agak menengadah. Kedua lengan serong lurus. Kemudian kembali ke sikap berdiri.




Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Latihan Gerakan Lenting Tengkuk"

Posting Komentar