Cara Melakukan Gerakan Meroda Dalam Senam Lantai



Bagikan:


Gerakan Meroda (cartwell) Dalam Senam Lantai

Meroda (cartwell) merupakan bentuk latihan dimana tumpuan tangan dilakukan secara bergantian dalam waktu sangat singkat. Selain itu, ada saat posisi badan yang terbalik (kepala berada di bawah) (Sayuti Sahara 2002: 9.31). Sebelum melakukan gerakan meroda, seorang atlet harus menguasai gerakan handstand terlebih dahulu. 


Meroda adalah suatu gerakan ke samping yang suatu saat bertumpu pada kedua tangan dengan kaki terbuka lebar. Atau, meroda adalah gerakan berputar seperti roda, dimana kedua lengan dan tungkai merupakan jari-jari. Berikut ini langkah-langkah cara melakukan rangkaian gerak meroda.

  1. Berdiri menyamping kiri dengan lengan dan tungkai melebar lurus seperti jari-jari sebuah roda, pandangan ke bawah melihat matras.
  2. Goyangkan badan ke kanan dan angkat kaki kiri ke atas diteruskan meletakkan kaki kiri ke samping. Saat melakukan gerak melipat pinggang, letakkan tangan kiri di samping kaki kiri dengan jarak + 60 cm.
  3. Ayunkan kaki kanan ke atas dan diikuti kaki kiri menolak.
  4. Pada saat hampir membentuk posisi handstand, letakkan tangan kanan di samping tangan kiri dengan jarak selebar bahu, tangan dan kaki lurus, serta kepala tegak.
  5. Pada saat posisi handstand kaki kanan diayun turun mendarat diikuti dengan kaki kiri, bersamaan dengan tolakan tangan sehingga dapat mendarat berdiri menghadap ke arah semula. Pastikan kalian berlatih di tempat yang aman.




Daftar pustaka : Penjasorkes/Joko Sumpeno, Dedy Joko Budi Santoso; editor, Joko Sumpeno, Dedy Joko Budi Santoso.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Cara Melakukan Gerakan Meroda Dalam Senam Lantai"

Posting Komentar