Cara Melakukan Gerakan Lompat Kangkang Dalam Senam Ketangkasan



Bagikan:


Gerakan Lompat Kangkang Dalam Senam Ketangkasan

Lompat kangkang dengan panggul lurus (lay out) merupakan lompat kangkang dengan meluruskan badan lebih dahulu sebelum sikap kangkang. Lompat kangkang merupakan kelanjutan dari lompat lurus, perbedaannya kedua kaki dibuka. Alat yang digunakan untuk melakukan gerakan lompat kangkang adalah Kuda-Kuda Lompat.


Gerakan ini berupa lompatan lurus ke atas, pada saat berada di udara kedua tungkai dibuka, dan pada saat mendarat kembali dirapatkan. Latihan ini memerlukan kekuatan tolakan dan kelenturan pada persendian pinggul (Articulatio Coxae). Berikut ini cara melakukan lompat kangkang.

  1. Sambil mengangkat panggul, ayunkan tungkai tinggi di atas garis horizontal sehingga pada saat tangan bertumpu pada peti lompat, badan merupakan satu garis lurus membentuk sudut 20o - 30o dengan garis horizontal.
  2. Setelah posisi badan lurus, segera tekuk panggul dan buka kaki. Bersamaan dengan itu, tolakkan tangan dengan kuat pada peti lompat.
  3. Angkat dada dan lewatkan kedua kaki dari peti lompat.
  4. Begitu kaki melewati peti lompat, luruskan badan, dan angkatlah lengan ke atas.
  5. Mendaratlah dengan menekuk lutut dan condongkan badan sedikit ke depan dengan menekuk panggul.


Sebelum melakukan lompat kangkang dapat dilakukan beberapa latihan pendahuluan berikut ini.
  1. Peti lompat dipasang memanjang, kemudian jongkoklah di salah satu ujung. Selanjutnya, melompat ke ujung peti lompat, mendarat dengan membuka kedua tangan, kemudian diteruskan dengan membuka kedua tungkai mendarat.
  2. Peti lompat dipasang melintang. Di belakangnya diletakkan sebuah peti yang lebih rendah memanjang di bagian tengah peti lompat. Latihan yang dilakukan adalah melompat dari papan tolak (atau tanda berupa garis tolak) dan mendarat di ujung terdekat peti memanjang. Selanjutnya, melompat ke peti lompat yang dipasang melintang, bertumpu dan tolak kedua tangan, dan dilanjutkan dengan lompat kangkang.
Daftar pustaka : Penjasorkes/Joko Sumpeno, Dedy Joko Budi Santoso; editor, Joko Sumpeno, Dedy Joko Budi Santoso.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Cara Melakukan Gerakan Lompat Kangkang Dalam Senam Ketangkasan"

Posting Komentar