Pengertian dan Cara Melakukan Gerakan Back Roll | EdukasiCenter



Bagikan:


Pengertian dan Cara Melakukan Gerakan Back Roll ~ 

Seperti yang kita ketahui bahwa terdapat bermacam-macam gerakan yang perlu kita pelajari dalam olahraga senam, beberapa diantaranya merupakan gerakan dasar. Salah satu gerakan dasar yang perlu dikuasai dalam olahraga senam adalah Gerakan Back Roll.


Apakah teman-teman tahu apa itu pengertian Back Roll? gerakan back roll sama dengan gerakan guling ke belakang. Berguling ke belakang adalah bentuk gerakan mengguling yang dimulai dari pinggul, pinggang bagian belakang, punggung, kepala bagian belakang, dan yang terakhir kedua kaki.

Informasi menarik lainnya tentang gerakan dalam senam lantai, bisa teman-teman baca dibawah ini.

Back Roll atau guling ke belakang dapat dilakukan dengan diawali dengan awalan berdiri maupun jongkok dan menghadap membelakangi matras. Berikut ini cara melakukan gerakan back roll atau gerakan guling ke depan.

  1. Sikap awal jongkok, kedua kaki rapat, tekuk kedua siku tangan menghadap ke atas di dekat telinga, dagu dan lutut tarik ke dada.
  2. Gulingkan badan ke belakang hingga bahu menyentuh matras, lutut dan dagu tetap mendekat dada, telapak tangan didekat telinga.
  3. Bahu menyentuh matras, kedua telapak tangan menyentuh matras, gerakan kaki untuk dijatuhkan ke belakang kepala, jatuhkan ujung kaki ke belakang kepala.
  4. Dorong lengan ke atas, kedua kaki dilipat sampai ujung kaki sehingga dapat mendarat di atas matras, lalu kembali ke sikap jongkok dengan lengan lurus ke depan.



Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Pengertian dan Cara Melakukan Gerakan Back Roll | EdukasiCenter"

Posting Komentar