Tugas dan Wewenang Pelatih Kepala dan Asisten Pelatih Pertama Dalam Pertandingan Bola Basket



Bagikan:


Pelatih kepala basketball [image by roarlionsroar.com], 

Bisa dibilang pelatih merupakan yang paling berperan dalam kemenangan sebuah tim dalam pertandingan Bola Basket, seorang pelatih akan terus memberikan semangat kepada pemainnya untuk terus semangat bertanding, dan juga pelatih kepala serta asistennya yang meramu strategi dalam pertandingan.


Selain memikirkan mengenai strategi bermain, pelatih kepala juga mempunyai beberapa tugas-tugas lainnya, mulai dari sebelum pertandingan sampai dengan pertandingan tersebut berlangsung. Adapun beberapa tugas dan wewenang pelatih kepala dan asisten pelatih pertama dalam pertandingan Bola Basket diantaranya.

Informasi menarik lainnya tentang permainan Bola Basket, bisa teman-teman baca dibawah ini.

(1) Setidaknya 40 menit sebelum pertandingan dijadwalkan untuk mulai, setiap pelatih kepala atau wakilnya harus memberikan daftar ke scorer dengan nama dan nomor yang sesuai dari anggota tim yang memenuhi syarat untuk bermain dalam permainan, serta nama pemain. kapten tim, pelatih kepala dan asisten pelatih pertama. Semua anggota tim yang namanya dimasukkan dalam scoresheet berhak untuk bermain, bahkan jika mereka tiba setelah awal pertandingan.

(2) Setidaknya 10 menit sebelum pertandingan dijadwalkan untuk mulai, setiap pelatih kepala harus mengkonfirmasi persetujuannya dengan nama-nama dan nomor yang sesuai dari anggota timnya dan nama-nama pelatih kepala dan asisten pelatih pertama dengan menandatangani daftar skor. Pada saat yang sama, pelatih kepala harus menunjukkan 5 pemain untuk memulai permainan. Pelatih kepala tim 'A' akan menjadi yang pertama memberikan informasi ini.

(3) Kepala pelatih, asisten pelatih, pemain pengganti, pemain yang dikecualikan, dan anggota delegasi yang menyertainya adalah orang yang diizinkan untuk duduk di bangku tim dan tetap berada di area bangku tim mereka. Selama waktu bermain, semua pemain pengganti, pemain yang dikecualikan, dan anggota delegasi yang menyertainya akan tetap duduk.

(4) Kepala pelatih atau asisten pelatih pertama dapat pergi ke meja scorer’s selama pertandingan untuk mendapatkan informasi statistik hanya ketika bola mati dan jam permainan dihentikan.

(5) Pelatih kepala dapat berkomunikasi dengan sopan dengan ofisial selama pertandingan untuk mendapatkan informasi hanya ketika bola mati dan jam permainan dihentikan.

(6) Entah pelatih kepala atau asisten pelatih pertama, tetapi hanya satu dari mereka pada waktu tertentu, diizinkan untuk tetap berdiri selama pertandingan. Mereka dapat berbicara dengan para pemain secara lisan selama pertandingan asalkan mereka tetap berada di area bangku tim mereka. Asisten pelatih pertama tidak akan berkomunikasi dengan para pejabat.

(7) Jika ada asisten pelatih pertama, namanya harus dimasukkan pada lembar skor sebelum awal pertandingan (tanda tangannya tidak diperlukan). Dia harus memikul semua tugas dan wewenang pelatih kepala jika, karena alasan apa pun, pelatih kepala tidak dapat melanjutkan.

(8) Jika kapten meninggalkan lapangan bermain, pelatih kepala harus memberi tahu petugas tentang jumlah pemain yang akan bertindak sebagai kapten di lapangan bermain.

(9) Kapten akan bertindak sebagai pelatih pemain jika tidak ada pelatih kepala, atau jika pelatih kepala tidak dapat melanjutkan dan tidak ada asisten pelatih pertama dimasukkan dalam scoresheet (atau yang terakhir tidak dapat melanjutkan). Jika kapten harus meninggalkan lapangan bermain, ia dapat terus bertindak sebagai pelatih kepala. Jika ia harus pergi setelah melakukan pelanggaran yang didiskualifikasi, atau jika ia tidak dapat bertindak sebagai pelatih kepala karena cedera, penggantinya sebagai kapten dapat menggantikannya sebagai pelatih kepala.

(10) Pelatih kepala harus menunjuk penembak lemparan bebas dari timnya dalam semua kasus di mana penembak lemparan bebas tidak ditentukan oleh aturan.


Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Tugas dan Wewenang Pelatih Kepala dan Asisten Pelatih Pertama Dalam Pertandingan Bola Basket"

Posting Komentar