Tujuan, Prinsip, dan Persyaratan Penggunaan Teknologi Garis Gawang atau Goal line technology (GLT)



Bagikan:


Teknologi Garis Gawang (GLT) [image by sporttechie.com], 

Selain teknologi VAR atau Video Assistant Referee terdapat pula teknologi lainnya yang sering ditemui dalam pertandingan sepak bola yaitu Goal line technology (GLT) atau teknologi garis gawang, teknologi GLT sudah lebih lama diterapkan dibandingkan VAR.


Sistem GLT dapat digunakan untuk memverifikasi apakah suatu gol telah dicetak untuk mendukung keputusan wasit. Di mana GLT digunakan, modifikasi pada kerangka gawang dapat diizinkan sesuai dengan spesifikasi yang ditetapkan dalam Program Kualitas FIFA untuk GLT dan dengan Hukum Permainan. Penggunaan GLT harus diatur dalam aturan kompetisi.

Sebelum lanjut, baca juga informasi menarik lainnya mengenai Permainan Sepak Bola dibawah ini:
Posisi tiang gawang dalam kaitannya dengan garis gawang harus sesuai dengan gambar di bawah ini.


Prinsip-prinsip Goal line technology (GLT)

GLT hanya berlaku untuk garis gawang dan hanya digunakan untuk menentukan apakah suatu gol telah dicetak. Indikasi apakah gol telah dicetak harus segera dan secara otomatis dikonfirmasi dalam satu detik oleh sistem GLT hanya kepada pejabat pertandingan (melalui arloji wasit, dengan getaran dan sinyal visual).

Persyaratan dan Spesifikasi Goal Line Technology (GLT)

Jika GLT digunakan dalam pertandingan kompetisi, penyelenggara kompetisi harus memastikan bahwa sistem disertifikasi sesuai dengan salah satu standar berikut:
  1. Kualitas FIFA PRO
  2. Kualitas FIFA
  3. IMS - INTERNATIONAL MATCH STANDARD

Lembaga pengujian independen harus memverifikasi keakuratan dan fungsionalitas sistem penyedia teknologi yang berbeda sesuai dengan Manual Pengujian. Jika teknologi tidak berfungsi sesuai dengan Manual Pengujian, wasit tidak boleh menggunakan sistem GLT dan harus melaporkan ini kepada otoritas yang sesuai.

Di mana GLT digunakan, wasit harus menguji fungsionalitas teknologi sebelum pertandingan sebagaimana tercantum dalam Program Kualitas FIFA untuk Manual Pengujian GLT.



Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

1 Response to "Tujuan, Prinsip, dan Persyaratan Penggunaan Teknologi Garis Gawang atau Goal line technology (GLT)"