Isyarat atau Sinyal Asisten Wasit (Hakim Garis) Dalam Pertandingan Sepak Bola



Bagikan:


Selain Wasit utama yang memimpin sebuah pertandingan Sepak Bola, terdapat pula dua orang wasit lainnya. Dua orang ini biasa disebut dengan Asisten Wasit 1 dan Asisten Wasit 2 atau biasa disebut juga dengan Hakim Garis 1 dan Hakim Garis 2. Aisten wasit biasanya dilengkapi dengan sebuah bendera yang digunakan untuk memberikan isyarat.


Asisten wasit dalam sebuah pertandingan sepak bola bertugas untuk menunjukkan kapan:
  1. seluruh bola meninggalkan lapangan permainan dan tim mana yang berhak ke tendangan sudut, tendangan gawang atau lemparan ke dalam
  2. seorang pemain dalam posisi offside dapat dihukum
  3. terjadinya substitusi/penggantian pemain
  4. pada tendangan penalti, kiper bergerak dari garis gawang sebelum bola menendang dan jika bola melewati garis; jika asisten wasit tambahan memiliki telah ditunjuk asisten wasit mengambil posisi sesuai dengan penalti menandai.

Bantuan asisten wasit juga termasuk memantau prosedur substitusi/penggantian pemain.Asisten wasit dapat memasuki bidang permainan untuk membantu mengontrol 9,15m (10 yard) jarak.

Sebelum lanjut, baca juga informasi menarik lainnya mengenai Permainan Sepak Bola dibawah ini:

Asisten wasit dalam bertugas dan menunjukkan sebuah peristiwa akan memberikan sinyal atau isyarat kepada wasit utama atau pemain jika terjadi sebuah pelanggaran atau bola keluar lapangan. Berikut ini beberapa sinyal atau isyarat yang biasa dilakukan asisten wasit atau hakim garis dalam sebuah pertandingan sepak bola.


lemparan kedalam, 

offside dan offside dekat sisi lapangan, 

offside dalam tengah lapangan dan offside sisi jauh dari lapangan, 

pergantian pemain, 

tendangan bebas, 

tendangan sudut dan tendangan gawang, 



Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Isyarat atau Sinyal Asisten Wasit (Hakim Garis) Dalam Pertandingan Sepak Bola"

Posting Komentar