Cara Melatih Teknik Pengambilan Napas (Breathing) Dalam Renang Gaya Bebas



Bagikan:


Gambar pengambilan napas renang gaya bebas [image by cakoni.ilmci.com], 
Pada postingan terdahulu kita telah melakukan latihan teknik dasar renang gaya bebas yaitu teknik posisi badan, teknik gerakan kaki, dan teknik gerakan lengan atau tangan. Nah, kali ini kita akan melatih teknik terakhir dalam renang gaya bebas yaitu teknik pengambilan napas.

Dalam olahraga renang, khususnya renang gaya bebas, teknik pengambilan napas perlu untuk diketahui dan dipelajari, jangan sampai pengambilan napas yang kurang teratur dan baik akan mengakibatkan gerakan renang kita melambat.
Nah adapun cara melakukan latihan gerakan mengambil napas pada renang gaya bebas adalah sebagai berikut.
  1. Sikap Permulaan
  2. Posisi tubuh berdiri kangkang di kolam dangkal dengan membungkukkan tubuh rata atau sejajar dengan air. Selanjutnya, muka menghadap ke depan di antara dua lengan yang diluruskan ke depan.

  3. Gerakannya
    • Cara pengambilan napas dilakukan dengan memutar kepala ke kiri atau ke kanan sehingga mulut berada di atas permukaan air untuk pengambilan udara.
    • Gerakan ini dilakukan bersamaan ketika lengan yang searah dengan arah putaran kepala berada di belakang samping tubuh.
    • Latihan pernapasan ini dikombinasikan dengan gerakan lengan perenang.
    • Pengambilan udara dilakukan dengan mulut bertujuan untuk menghindari masuknya air ke dalam hidung dan mempersingkat waktu pengambilan udara.
Sumber referensi: Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan 3 Untuk SMP/MTs kelas IX/Budi Sutrisno, Muhammad Bazin Khafadi Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Cara Melatih Teknik Pengambilan Napas (Breathing) Dalam Renang Gaya Bebas"

Posting Komentar