Latihan Teknik Gerakan Kaki (Kicking) dan Teknik Gerakan Lengan (Hand Rotation) Dalam Renang Gaya Bebas



Bagikan:


Gambar renang gaya bebas [image by tasidola.com], 
Renang gaya bebas adalah salah satu gaya dalam renang selain dari gaya dada, gaya kupu-kupu, dan gaya punggung, gaya bebas disebut juga dengan crawl yang artinya merangkak. Untuk bisa menguasai renang gaya bebas perlu juga untuk melatih tekniknya.

Pada umumnya dalam renang gaya bebas terbagi menjadi empat teknik yaitu teknik posisi badan, teknik gerakan kaki, teknik gerakan lengan, dan teknik pernapasan. Yang lalu kita telah melatih posisi tubuh, nah pada kali ini kita akan melatih teknik gerakan kaki dan teknik gerakan lengan.
Sebelum lanjut, baca juga informasi menarik lainnya mengenai Renang Gaya Bebas dibawah ini
Cara melakukan latihan teknik gerakan kaki atau Kicking adalah sebagai berikut.
1. Sikap Permulaan
  • Kedua lengan bertumpu pada tepi kolam, badan tegak lurus atau sejajar dengan air begitu juga dengan kaki lurus ke belakang.
  • Kepala atau muka menghadap ke depan.


2. Latihan Irama Gerakan Kaki
  • Gerakan kaki lurus sejajar permukaan air.
  • Gerakan dimulai dari pinggul dan berakhir dengan pergelangan kaki.
  • Gerakan kaki yang ke atas dilakukan dengan lemas, jangan terlalu naik tetapi sedekat mungkin dengan permukaan air.
  • Gerakan kaki yang ke bawah agak kuat, terutama gerakan pergelangan kaki. Jarak kedua ujung kaki yang atas dan bawah sekitar 25 – 40 cm.
Gerakan lengan pada renang gaya bebas ini berperan sebagai tenaga pendorong/penggerak selain sebagai pengatur keseimbangan tubuh. Pada proses gerakan lengan gaya bebas terdiri atas tiga fase, yaitu fase menarik, fase mendorong dan fase istirahat.


Adapun cara melakukan latihan teknik gerakan lengan gaya bebas sebagai berikut.
  • Gerakan menarik dilakukan saat siku sudah masuk kedalam air satu lengan dengan jari-jari tangan rapat menekan ke bawah melalui garis tengah badan dan kemudian lengan mendorong air ke belakang dan ke atas menuju samping badan.
  • Gerakan mendorong ini dilakukan setelah tangan lurus ke depan atau vertikal kemudian dengan sekuat tenaga salah satu tangan menekan air ke bawah dan ke belakang
  • Siku dikeluarkan terlebih dulu dari dalam air secara rileks, terus digeser ke depan pelan-pelan seirama dengan lengan lain yang masih di air dan melakukan gerakan mendorong air ke belakang dan ke atas.
Sumber referensi: Sumber pustaka: Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan 3 Untuk SMP/MTs kelas IX/Budi Sutrisno, Muhammad Bazin Khafadi Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Latihan Teknik Gerakan Kaki (Kicking) dan Teknik Gerakan Lengan (Hand Rotation) Dalam Renang Gaya Bebas"

Posting Komentar