Cara Melakukan Teknik Pembalikan dan Teknik Memasuki Finish Dalam Lomba Renang Gaya Bebas



Bagikan:


Gambar teknik pembalikan renang gaya bebas [image by youtube], 
Dalam perlombaan renang gaya bebas dipertandingkan beberapa nomor perlombaan, yaitu 50 m, 100 m, 200 m, 400 m, 800 m (putri), 1500 m (putra). Selain teknik renang gaya bebas yang perlu dipelajari oleh perenang gaya bebas, terdapat pula teknik-teknik lainnya yang dipelajari khusus untuk mengikuti sebuah perlombaan.

Nah, pada postingan yang lalu kita telah membahas tentang cara melakukan teknik start atau awalan dalam perlombaan renang gaya bebas. Kali ini kita akan membahas dua teknik selanjutnya yaitu teknik pembalikan dan teknik pada saat memasuki finish. Apa itu teknik pembalikan dan teknik finish renang gaya bebas?
Sebelum lanjut, baca juga informasi menarik lainnya mengenai Renang Gaya Bebas dibawah ini
Teknik pembalikan merupakan gerakan yang dilakukan pada saat perenang sampai pada ujung kolam dan hendak berbalik ke awal. Tidak semua nomor perlombaan renang gaya bebas melakukan teknik ini, hanya nomor 50 meter saja yang tidak melakukannya karna panjang kolam renang yang hanya 50 meter. Pada renang gaya bebas dikenal ada dua jenis pembalikan, yaitu pembalikan biasa, dan pembalikan salto.


1. Pembalikan Biasa
Seorang perenang harus mampu membalik, baik itu ke kanan, maupun ke kiri dengan sangat cepat. Setelah salah satu tangan tiba pada dinding pembalikan maka kaki ditarik mendekati dinding kolam dengan salah satu tangan dalam sikap menyamping tetap lurus.

Setelah itu, serentak dengan tolakan kedua belah kaki dari dalam dinding kolam kedua tangan siap diluruskan ke depan dan dengan tolakan kaki yang kuat tubuh menjadi telungkup. Gerakan membalik ini sedapat mungkin dilakukan dalam satu bidang yang sejajar dengan dasar kolam.

2. Pembalikan Gaya Bebas dengan Salto
Setelah tangan hampir sampai menyentuh dinding kolam, kepala ditundukkan sampai ke dada, serentak kedua lutut ditarik ke arah perut. Selanjutnya, melalui hentakan kedua belah pung-gung kaki dan ayunan kedua belah tangan tubuh akan berputar.


Per-putaran tubuh ini akan berakhir setelah kedua telapak kaki menempel pada dinding kolam dengan sikap ter-lentang. Bersamaan dengan tolakan kaki maka badan diputar sampai sikap telungkup dilanjutkan posisi tubuh yang sejajar dengan air dan tangan diluruskan kembali.

Adapun cara atau teknik dalam memasuki finish pada renang gaya bebas tidak ada teknik khusus. Perenang boleh hanya menyentuh dinding finish dengan satu tangan, baik tangan kanan maupun
tangan kiri, sama saja.




Sumber referensi: Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan 3 Untuk SMP/MTs kelas IX/Budi Sutrisno, Muhammad Bazin Khafadi Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Cara Melakukan Teknik Pembalikan dan Teknik Memasuki Finish Dalam Lomba Renang Gaya Bebas"

Posting Komentar