Cara Melakukan Teknik Start dan Teknik Pembalikan Dalam Lomba Renang Gaya Punggung



Bagikan:


Gambar start renang gaya punggung [image by olahraga.kompas.com], 
Cara Melakukan Teknik Start dan Teknik Pembalikan Dalam Lomba Renang Gaya Punggung ~ Olahraga renang terdiri dari beberapa gaya, yaitu gaya bebas, gaya kupu kupu, gaya dada, dan gaya punggung. Setiap gaya memiliki cara atau teknik berenangnya masing-masing, gaya yang termudah ialah gaya bebas dan gaya yang tersulit gaya punggung, karna harus menghadap ke atas untuk beranang.

Dalam perlombaan renang gaya dada, selain mengandalkan teknik berenang juga memperhatikan teknik-teknik lainnya, apa teknik tersebut? yaitu teknik start dan teknik pembalikan. Teknik start dalam renang gaya punggung berbeda dengan teknik start dalam renang gaya lainnya, karena dilakukan dibawah kolam sambil berpegangan pada tempat start.

Adapun cara melakukan teknik start atau teknik permulaan dalam lomba renang gaya punggung adalah sebagai berikut.
  1. Berdiri pada dasar kolam renang dan membelakangi arah lintasan renang.
  2. Kedua lengan memegangi besi, tarik badan ke depan sehingga kedua paha rapat pada dada dan kedua kaki menempel pada dinding kolam.
  3. Ayunkan kedua lengan ke belakang atas dengan gerakan memutar bahu bersamaan kedua kaki menolak pada dinding kolam.


Sementara itu teknik pembalikan tidak kalah penting dari teknik start, sebab teknik ini dilakukan pada saat sampai pada sebrang kolam dan berbalik ke tempat awalan start. Teknik dilakukan untuk nomor renang gaya punggung 100 meter dan 200 meter putra dan putri.

Adapun cara melakukan teknik pembalikan pada lomba renang gaya punggung adalah sebagai berikut.
  1. Setelah berenang dan sampai di tepi kolam, satu tangan menyentuh dinding kolam, bawa kedua lutut ke depan dada dan putar badan ke samping kanan atau kiri.
  2. Setelah badan berputar, tempelkan kedua kaki pada dinding kolam sehingga badan membulat membelakangi arah lintasan renang.
  3. Tolakkan kedua kaki pada dinding kolam dan tangan lurus dilanjutkan dengan berenang.





Sumber referensi: Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan 3 Untuk SMP/MTs kelas IX/Budi Sutrisno, Muhammad Bazin Khafadi Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Cara Melakukan Teknik Start dan Teknik Pembalikan Dalam Lomba Renang Gaya Punggung"

Posting Komentar