Teknik Dasar Lompat Tinggi Gaya Guling Perut (Gaya Straddle)



Bagikan:


Gambar lompat tinggi gaya straddle [image by en.wikipedia.org], 

Lompat tinggi merupakan salah satu olahraga dalam atletik, lompat tinggi masuk dalam kelompok olahraga lompat dalam atletik. Selain lompat tinggi terdapat pula olahraga lompat lainnya yaitu lompat jauh, lompat tinggi galah, dan lompat jangkit.


Tujuan dari lompat tinggi ialah melakukan lompatan setinggi-tingginya melewati palang dengan tinggi yang telah ditentukan. Pada umumnya terdapat beberapa gaya lompat tinggi yang biasa digunakan oleh atlit lompat tinggi, salah satunya ialah gaya straddle atau gaya guling perut.

Informasi menarik lainnya tentang olahraga atletik nomor Lompat Tinggi atau High Jump, bisa teman-teman baca dibawah ini.

Untuk bisa menguasai salah satu gaya dalam lompat tinggi ini diperlukan penguasaan teknik dasarnya. Adapun teknik dasar dalam lompat tinggi gaya guling perut atau gaya straddle adalah sebagai berikut.


1. Teknik Dasar Awalan atau Ancang-Ancang

Jika tumpuan atau tolakan menggunakan kaki kiri maka awalan dari samping kiri dan apabila tumpuan atau tolakan menggunakan kaki kanan, awalan dari sebelah kanan. Awalan dapat dilakukan dengan lari atau jalan tiga langkah, lima langkah, dan seterusnya. Jarak kaki tumpu atau tolak dengan mistar sekitar 40 cm.

2. Teknik Dasar Tumpuan atau Tolakan dan Melewati Mistar

Kaki tumpu atau tolak ditekuk dan kaki yang lain diangkat ke atas melewati mistar, kemudian kaki tumpu dilipat ke samping. Posisi tubuh telungkup di atas mistar.

3. Teknik Dasar Sikap Mendarat

Setelah tubuh dapat melewati mistar tubuh berguling ke belakang dengan bantuan tangan dan bahu yang digulingkan lebih dahulu.

Itulah beberapa teknik dasar dalam lompat jauh gaya guling perut atau gaya straddle, pada umumnya antara gaya satu dengan gaya yang lain dibedakan hanya pada teknik tumpuan serta teknik melewati garisnya saja, sedangkan teknik awalan dan mendarat cenderung mempunyai teknik yang sama.

Sebagai tambahan dari olahraga ini bahwa dalam lompat tinggi terdapat disqualified. Untuk menghindari kita dari disqualifikasi atau lompatan kita tidiak sah maka perlu diperhatikan beberapa kesalahan yang membuat lompatan kita terdisqualified adalah sebagai berikut.

  1. Pelompat menjatuhkan mistar.
  2. Anggota badan menjatuhkan tiang.
  3. Pelompat menumpu dengan dua kaki.
  4. Dipanggil lebih dari dua menit, belum melompat.
Sumber referensi: Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan 1, Untuk kelas VII SMP dan MTs/Sri Wahyuni, Sutarmin, Pramono; ilustrator, Amanah,Kusdirgo,Daru,dan Wiyono.-- Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Teknik Dasar Lompat Tinggi Gaya Guling Perut (Gaya Straddle)"

Posting Komentar