Teknik Dasar Lompat Jauh Gaya Jongkok



Bagikan:


Gambar lompat jauh [image by ekspektasia.com], 
Lompat jauh merupakan salah satu olahraga lompat yang ada dalam atletik, selain lompat jauh terdapat pula olahraga lainnya yaitu lompat tinggi, lompat galah, dan lompat jangkit. Tujuan dari olahraga ini ialah berlomba untuk melakukan lompatan sejauh mungkin dari titik tolakan.

Pada umumnya, lompat jauh mempunyai beberapa gaya yang sering digunakan oleh atlit lompat jauh dunia, salah satunya ialah lompat jauh gaya jongkok. Untuk bisa menguasai gaya lompat jauh tersebut, perlu kiranya menguasai beberapa teknik dasarnya, yaitu sebagai berikut.
Informasi menarik lainnya tentang olahraga atletik nomor Lompat Jauh atau Long Jump, bisa teman-teman baca dibawah ini.
1. Teknik Awalan Lompat Jauh Gaya Jongkok
Gerakan lompat jauh dimulai dengan awalan atau ancangancang. Melakukan awalan atau ancang-ancang dengan lari secepatnya hingga melakukan tumpuan di balok lompat atau papan tumpuan. Pada waktu melakukan awalan tidak boleh menoleh, tetapi pikiran konsentrasi ke arah tolakan atau tumpuan.


2. Teknik Dasar Tolakan atau Tumpuan Lompat Jauh Gaya Jongkok
Gerakan tolakan atau tumpuan pada lompat jauh merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan lompat jauh. Oleh karena itu, agar mendapat hasil lompatan yang semaksimal mungkin, tolakan atau tumpuan harus dilakukan dengan sebaik-baiknya. Cara melakukan tolakan atau tumpuan adalah sebagai berikut.
  • Tumpuan kaki pada balok lompat dilakukan dengan satu kaki, boleh kaki kanan atau kiri. Gunakan kaki yang paling kuat.
  • Pada waktu kaki menumpu harus tepat di atas balok lompat diikuti badan condong ke depan disusul kaki yang lain diangkat ke arah depan atas dengan sudut tolakan antara 40o – 50o.
3. Teknik Dasar Melayang (Sikap Badan di Udara) Lompat Jauh Gaya Jongkok
Setelah melakukan tumpuan dengan badan condong ke depan, kaki diayunkan ke depan untuk membantu berat badan ke atas disusul kaki tumpu juga diayunkan ke depan. Pada waktu melayang, lutut kedua kaki sedikit ditekuk seperti sikap jongkok. Pada saat posisi kaki diayunkan ke depan yang diikuti kedua tangan diayunkan. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan hasil lompatan semaksimal mungkin.

4. Teknik Dasar Sikap Mendarat Lompat Jauh Gaya Jongkok


Pelompat jauh saat mendarat, kedua kaki ditekuk posisi jongkok dengan tumit mendarat lebih dahulu. Berat badan didorong ke depan dan kedua lengan diluruskan ke depan. Cara pendaratan seperti ini diharapkan lompatan jauh jatuh ke belakang lagi.

Itulah empat teknik dasar yang perlu dipelajari untuk menguasai gerakan lompat jauh gaya jongkok, pada dasarnya gerakan lompat jauh pada semua gaya hampir sama, akan tetapi yang membedakannya hanya pada gerakan akhirnya saja (teknik melayang dan teknik mendarat).




Sumber referensi: Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan 1, Untuk kelas VII SMP dan MTs/Sri Wahyuni, Sutarmin, Pramono; ilustrator, Amanah,Kusdirgo,Daru,dan Wiyono.-- Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Teknik Dasar Lompat Jauh Gaya Jongkok"

Posting Komentar