Teknik Dasar Dalam Lari Estafet



Bagikan:


Gambar lari estafet [image by cnnindonesia.com], 
Secara singkat, lari estafet merupakan lari dengan membawa sebuah tongkat dan memberikan tongkat tersebut kepada teman secara sambung atau estafet. Lari estafet merupakan salah satu nomor yang terdapat dalam olehraga lari atletik, dalam lari estafet terdapat dua nomor yang diperlombakan yaitu nomor 4x100 meter dan nomor 4x400 meter.

Maka dari itu dalam satu regu diperlukan empat orang pelari, pelari-pelari yang tergabung dalam satu regu lari estafet ini harus selalu melakukan latihan secara bersama-sama agar pada saat akan melakukan pergantian atau perpindahan tongkat antara pelari satu dan lainnya tidak ada kesalahan.
Sebelum lanjut, baca juga informasi menarik lainnya mengenai Perlombaan Lari Estafet dibawah ini:
Adapun teknik dasar yang perlu dan wajib dikuasai oleh para pelari estafet ialah teknik start, teknik memberikan tongkat, teknik menerima tongkat, teknik pemberian tongkat,dan teknik penerimaan tongkat. Adapun penjelasan dari teknik tersebut adalah sebagai berikut.

1. Teknik Start


Pada umumnya, pada Lari Estafet menggunakan dua macam start yaitu Start Jongkok yang dilakukan oleh pelari pertama dan pada pelari selanjutnya yaitu pelari kedua, ketiga, dan keempat melakukan start melayang. Start Melayang atau Flying Start adalah Start yang dilakukan dengan berlari kecil sambil meminta tongkat pada pelari sebelumnya, setelah mendapatkan tongkat maka pelari tersebut melakukan gerakan lari.

2. Teknik Memberikan Tongkat
Teknik memberikan tongkat dalam lari estafet dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu memberikan tongkat dari bawah dan memberikan tongkat. Adapun penjelasannya sebagai berikut.
  • Memberikan tongkat dari bawah.
  • Cara melakukannya, yaitu tangan yang memegang tongkat diayunkan dari belakang ke arah depan melalui bawah ke tangan penerima tongkat.
  • Memberikan tongkat dari atas.
  • Cara melakukannya, yaitu tangan kanan yang memegang tongkat diayunkan dari belakang ke depan atas, kemudian tongkat diletakkan di telapak tangan kiri penerima tongkat.
3. Teknik Menerima Tongkat


Ada dua cara menerima tongkat dalam lari estafet, yaitu menerima tongkat dengan cara melihat dan menerima tongkat dengan cara tidak melihat. Adapun penjelasannya sebagai berikut.
  • Menerima tongkat dengan cara melihat (visual/sight pass)
  • Pada waktu akan menerima tongkat sambil berlari tangan yang akan menerima tongkat diayunkan ke belakang dengan pandangan mata melihat ke belakang kepada pelari yang akan memberikan tongkat.
  • Menerima tongkat dengan cara tidak melihat (nonvisual/blind pass)
  • Penerima tongkat melihat pelari yang akan memberikan tongkat. Bila sudah dekat, penerima tongkat lari secepat-cepatnya. Setelah mendengar tanda atau kode dari pelari yang akan memberikan tongkat, masih dalam keadaan lari yang secepatnya dengan pandangan mata tetap ke depan, tangan diayunkan ke belakang dengan telapak tangan menghadap ke atas.
Sumber referensi: Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan 1, Untuk kelas VII SMP dan MTs/Sri Wahyuni, Sutarmin, Pramono; ilustrator, Amanah,Kusdirgo,Daru,dan Wiyono.-- Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Teknik Dasar Dalam Lari Estafet"

Posting Komentar