Teknik Awalan dan Teknik Tolakan Dalam Olahraga Lompat Jauh



Bagikan:


Awalan lompat jauh [image by YouTube], 
Lompat jauh merupakan salah satu cabang olahraga dalam atletik, sedangkan atletik adalah gabungan dari beberapa jenis olahraga yang secara garis besar dapat dikelompokkan menjadi lari, lempar, lompat, dan jalan. Nah, adapun lompat jauh masuk dalam kelompok olahraga lompat.

Secara umum dalam melakukan lompat jauh dikenal beberapa gaya, yakni Gaya jongkok (tuck); Gaya lenting/menggantung (schnapper); dan Gaya berjalan di udara (walking in the air). Nah untuk teknik awalan dan tolakan dalam lompat jauh, ketiga gaya tersebut tidak ada perbedaannya.


Untuk melakukan lompat jauh, awalan dan tolakan mempunyai peranan penting dalam keberhasilan lompatan, selain gaya lompatan pastinya. Dengan melakukan awalan yang baik dan tolakan yang juga terukur dan kuat maka akan membantu tubuh kita dalam melenting ke udara dan gerakan tersebut disempurnahkan oleh gaya yang digunakan.
Informasi menarik lainnya tentang olahraga atletik nomor Lompat Jauh atau Long Jump, bisa teman-teman baca dibawah ini.
Awalan berfungsi untuk mendapatkan kecepatan pada waktu melompat. Awalan dilakukan dengan lari cepat tanpa merubah langkah. Hal yang perlu diperhatikan adalah sebagai berikut.
  1. Sebelum melakukan awalan yang sebenarnya, lakukan gerakan dengan melangkah mundur ke belakang dan gunakan check mark. Check mark adalah suatu cara mendapatkan awalan yang tepat dengan berlari cepat pada lintasan lompat jauh.
  2. Untuk memperbaiki kesalahan awalan, dapat dilatih dengan cara sebagai berikut: mengontrol ancang-ancang dan berlari cepat secara intensif, meningkatkan stamina dan memperbaiki kecepatan.
Sedangkan teknik tolakan pada lompat jauh dilakukan dengan cara menggunakan salah satu kaki yang terkuat pada papan tumpuan. Pada teknik tolakan ini terjadi perubahan kecepatan dari kecepatan horizontal ke kecepatan vertikal. Pada saat melakukan tolakan, posisi badan lebih ditegakkan dan tolakan kaki dilakukan dengan kekuatan penuh.


Untuk mendapatkan teknik awalan dan teknik tolakan, seorang atlit lompat jauh mesti harus melakukan latihan-latihan secara rutin setiap hari dan didampingi oleh seorang pelatih, agar latihan yang kita lakukan dapat dinilai baik atau tidaknya oleh pelatih.

Sumber referensi: Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Untuk SMP/MTs kelas VIII/Aan Sunjata Wisahati, Teguh Santosa; editor, Is Maryanto; ilustrator, Falis.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Teknik Awalan dan Teknik Tolakan Dalam Olahraga Lompat Jauh"

Posting Komentar