Teknik Dasar Gerakan Dalam Renang Gaya Dada



Bagikan:


Gambar gerakan renang gaya dada [image by lifestyle.kompas.com], 
Renang adalah sikap badan mengapung di permukaan air dengan melakukan gerakan kaki ataupun tangan dapat bergerak maju dengan bernapas secara bebas. Pada umumnya gerakan berenang dapat dibedakan menjadi empat gaya, yakni gaya bebas, gaya kupu kupu, gaya punggung, dan gaya dada.

Renang gaya dada disebut juga dengan breast stroke. Renang gaya dada merupakan gaya renang yang paling lambat diantara empat gaya yang ada, namun dapat dikatakan paling unik. Apabila kita melihat sepintas gerakan renang gaya dada hampir mirip dengan gerakan katak. Oleh karena itu, renang gaya dada sering disebut juga renang gaya katak.
Sebelum lanjut, baca juga informasi menarik lainnya mengenai Renang Gaya Dada dibawah ini:
Untuk bisa melakukan gerakan renang gaya dada, terlebih dahulu teman-teman perlu mengetahui dan menguasai teknik-teknik dasar gerakan yang ada dalam renang gaya dada. Berikut ini teknik dasar gerakan dalam renang gaya dada.

1. Teknik dasar gerakan kaki
Cara melakukan:

  • 1) Gerakan kaki dilakukan dengan berpegangan pada pinggir kolam dan kedua tangan di samping pinggul.
  • 2) Masukkan kedua kaki ke dalam air dengan gerakan menekuk kedua lutut dan meluruskan kedua kaki yang diawali dengan gerakan memutar.

2. Teknik dasar gerakan tangan
Gerakan tangan dilakukan dengan kedua paha menjepit papan pelampung. Cara melakukannya adalah sebagai berikut.

  • 1) Berdiri di pinggir kolam dangkal, di pinggir kolam, kedua paha menjepit papan pelampung.
  • 2) Luruskan kedua lengan ke depan dan kedua kaki ke belakang hingga badan terapung di atas permukaan air.
  • 3) Lakukan gerakan tangan renang gaya dada.


3. Teknik dasar pernapasan
Teknik pernapasan dilakukan dengan cara menjepit papan pelampung dengan kedua paha, lengan lurus ke depan, kemudian lakukan pengambilan napas saat kedua tangan melakukan putaran penuh depan dada.

Nah, itulah penjelasan singkat mengenai teknik-teknik dasar gerakan dalam renang gaya dada, dari penjelasan tersebut dapat kita ketahui bahwa setidaknya terdapat tiga teknik dasar gerakan dalam renang gaya dada yang perlu diketahui dan dikuasai, yakni teknik dasar gerakan kaki, teknik dasar gerakan tangan, dan teknik dasar pernapasan.

Sumber referensi: Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Untuk SMP/MTs kelas VIII/Aan Sunjata Wisahati, Teguh Santosa; editor, Is Maryanto; ilustrator, Falis.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Teknik Dasar Gerakan Dalam Renang Gaya Dada"

Posting Komentar