Taktik Pertahanan Dengan Membendung Bola (Blocking) Dalam Bola Voli



Bagikan:


Gambar teknik blocking bola voli [image by tutorialolahraga.com], 

Bola voli atau dalam bahasa Inggris disebut dengan volleyball adalah permainan olahraga yang dimainkan oleh dua tim. Masing-masing tim memiliki enam orang pemain. Bola voli dimainkan pada sebuah lapangan berbentuk persegi panjang dengan ukuran tertentu dan terdapat net ditengahnya untuk memisahkan kedua tim yang bertanding.


Dalam pertandingan bola voli sering kita melihat tim yang melakukan taktik bertahan saat diserang. Taktik pertahanan adalah suatu posisi pemain bertahan dalam keadaan pasif menerima serangan. Taktik bertahan harus mempunyai prinsip, supaya dapat menyerang kembali regu lawan. Pertahanan dan penyerangan harus dikembangkan secara selaras dalam latihan-latihan teknik. Salah satu upaya pertahanan dalam permainan bola voli adalah membendung bola.

Sebelum lanjut, baca juga informasi menarik lainnya mengenai Permainan Bola Voli dibawah ini:

Pada umumnya taktik bertahan dalam permainan bola voli menggunakan teknik Blocking atau Membendung bola didepan net. Membendung bola (block) merupakan suatu sistem yang harus dilakukan secara bersama, supaya penyerangan yang dilakukan dapat mematikan pihak lawan. Berikut beberapa taktik membendung bola dalam permainan bola voli.

Blocking Satu Pemain

Block jenis ini dimainkan apabila pihak kedua memainkan penyerangan yang sangat cermat dan kuat, sehingga pemain pihak lawan tidak mempunyai kesempatan sama sekali untuk membantu block. Pada block satu pemain, yang menduduki posisi 6 harus meng-cover sisi yang paling lemah yang terdapat pada bagian depan lapangan.

Blocking Dua Pemain

Block dua pemain dibentuk pada posisi 4 dan 2 pada permainan normal. Situasi blocking seperti ini memberi kemungkinan lebih banyak untuk meng-cover pertahanan.

Blocking Tiga Pemain

Block tiga pemain hanya dilakukan pada situasi-situasi tertentu. Biasanya ditempatkan pada posisi 3. Block seperti ini hanya digunakan pada waktu menghadapi penyerang lawan yang sangat tangguh.

Sumber referensi: Praktis Belajar Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan Untuk SMA/MA/SMK kelas XII/ Eli Maryani, Jaja Suharja Husdarta; editor, Dadan Ahmad Sobardan.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Taktik Pertahanan Dengan Membendung Bola (Blocking) Dalam Bola Voli"

Posting Komentar