Peraturan Pada Awalan Dalam Pertandingan Bola Basket



Bagikan:


Gambar awalan pertandingan bola basket [image by referee.com], 

Dalam memulai suatu permainan atau pertandingan pada semua olahraga harus memenuhi beberapa aturan dan ketentuan yang telah di tentukan. Misalnya pada pertandingan sepak bola, seorang wasit tidak akan memulai suatu pertandingan jika semua pemain berada dilapangan, dan pertandingan diawali dari titik tengah lapangan.


Sementara itu pada permainan atau pertandingan bola basket terdapat beberapa peraturan atau ketentuan yang harus terpenuhi sehingga wasit atau referee memulai pertandingan. Untuk melakukan permainan bola basket, setiap pemain  harus mengetahui peraturan awalan permainan. Peraturan awalan permainan adalah sebagai berikut.

Informasi menarik lainnya tentang permainan Bola Basket, bisa teman-teman baca dibawah ini.
  1. Pertandingan tidak dapat dimulai jika salah satu regu belum di lapangan dengan 5 orang pemain yang siap untuk bermain.
  2. Pertandingan resmi dimulai saat referee (wasit pemandu) memegang bola dan melangkah ke lingkaran tengah untuk melaksanakan jump-ball (bola loncat).
  3. Pertandingan dimulai dengan bola loncat di tengah lingkaran tengah.

Adapun pelaksaan jump ball atau bola loncat yang merupakan awalan pertandingan atau permainan juga mempunyai aturan-aturan atau prosedur-prosedurnya tersendirinya. Prosedur pelaksanaan bola loncat atau jump ball adalah sebagai berikut.

  1. Bola loncat terjadi jika wasit melakukan lemparan bola ke atas di antara kedua pemain yang berlawanan.
  2. Agar bola loncat itu sah, bola harus ditepis dengan tangan oleh pemain atau kedua pemain yang melakukan loncatan.
  3. Bola loncat harus dilaksanakan pada lingkaran tengah antara dua pemain yang mana saja dari setiap regu yang berlawanan dan ditunjuk oleh kapten regu.
  4. Peloncat hanya boleh menepis bola sebanyak dua kali dan setelah itu tidak boleh menyentuh bola sampai bola tersebut disentuh oleh salah seorang dari 8 pemain lainnya atau telah jatuh ke lantai, atau menyentuh jaring atau papan pantul dalam hal ini ada 4 kali kemungkinan sentuhan oleh kedua peloncat pada saat bola loncat berlangsung.
  5. Kedelapan pemain lainnya tetap di luar lingkaran sampai bola ditepis.
  6. Jika bola tidak ditepis oleh salah seorang atau kedua peloncat atau jika bola menyentuh lantai tanpa ditepis oleh seorang atau kedua peloncat, maka bola loncat harus diulang.

Nah, itulah penjelasan singkat mengenai peraturan-peraturan dalam mengawali permainan atau pertandingan Bola Basket. Jadi untuk mengawali pertandingan bola basket harus memastikan semua pemain berada dalam lapangan dan referee melakukan jump ball ditengah lingkaran tengah.

Sumber referensi: Praktis Belajar Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan Untuk SMA/MA/SMK kelas XII/ Eli Maryani, Jaja Suharja Husdarta; editor, Dadan Ahmad Sobardan.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Peraturan Pada Awalan Dalam Pertandingan Bola Basket"

Posting Komentar