Peraturan atau Prosedur Pelaksanaan Bola Loncat (Jump Ball) Dalam Pertandingan Bola Basket



Bagikan:


Gambar jump ball atau bola loncat [image by hooptactics.net], 

Bola basket merupakan permainan lima lawan lima dimana masing-masing tim atau regu berusaha untuk memasukkan bola ke keranjang lawan. Permainan ini menggunakan tangan untuk memainkannya dan harus menguasai teknik-teknik dasarnya, seperti teknik dribbel, teknik teknik menembak, dan lainnya.


Dalam pertandingan bola basket terdapat beberapa peraturan-peraturan yang harus dan wajib diikuti oleh setiap pemain dan perangkat pertandingan, hal tersebut agar pertandingan sesuai dengan alur permainan yang telah ditentukan. Salah satunya ialah peraturan dalam pelaksanaan bola loncat atau Jump Ball.

Informasi menarik lainnya tentang permainan Bola Basket, bisa teman-teman baca dibawah ini.

Jump Ball atau bola loncat adalah awal dari dimulainya pertandingan bola basket yang dilakukan oleh referee atau wasit pemandu dilingkaran tengah lapangan. Jadi, pertandingan dikatakan resmi jika referee (wasit pemandu) memegang bola dan melangkah ke lingkaran tengah untuk melaksanakan jump-ball (bola loncat).

Akan tetapi, untuk melakukan bola loncat atau jump ball ini tidak sembarangan. Harus mengikuti peraturan atau prosedur yang telah ditentukan oleh organisasi bola basket dunia. Nah, adapun prosedur pelaksanaan bola loncat adalah sebagai berikut.

  1. Bola loncat terjadi jika wasit melakukan lemparan bola ke atas di antara kedua pemain yang berlawanan.
  2. Agar bola loncat itu sah, bola harus ditepis dengan tangan oleh pemain atau kedua pemain yang melakukan loncatan.
  3. Bola loncat harus dilaksanakan pada lingkaran tengah antara dua pemain yang mana saja dari setiap regu yang berlawanan dan ditunjuk oleh kapten regu.
  4. Peloncat hanya boleh menepis bola sebanyak dua kali dan setelah itu tidak boleh menyentuh bola sampai bola tersebut disentuh oleh salah seorang dari 8 pemain lainnya atau telah jatuh ke lantai, atau menyentuh jaring atau papan pantul dalam hal ini ada 4 kali kemungkinan sentuhan oleh kedua peloncat pada saat bola loncat berlangsung.
  5. Kedelapan pemain lainnya tetap di luar lingkaran sampai bola ditepis.
  6. Jika bola tidak ditepis oleh salah seorang atau kedua peloncat atau jika bola menyentuh lantai tanpa ditepis oleh seorang atau kedua peloncat, maka bola loncat harus diulang.

Itulah peraturan atau prosedur pelaksaan bola loncat atau jump ball dalam pertandingan bola basket, dimana jump ball ini dilakukan untuk menandakan awal dari suatu pertandingan bola basket dan pelaksanaan jump ball ini harus sesuai dengan peraturan atau prosedur yang telah ditentukan.

Sumber referensi: Praktis Belajar Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan Untuk SMA/MA/SMK kelas XII/ Eli Maryani, Jaja Suharja Husdarta; editor, Dadan Ahmad Sobardan.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Peraturan atau Prosedur Pelaksanaan Bola Loncat (Jump Ball) Dalam Pertandingan Bola Basket"

Posting Komentar