Cara Melakukan Teknik Passing "Baseball Pass" Dalam Permainan Bola Basket



Bagikan:


Gambar ilustrasi teknik baseball pass, 

Untuk bisa bermain bola basket, setiap pemain perlu dan wajib hukumnya untuk menguasai teknik-teknik dasar dalam permainan bola basket. Hal ini untuk menunjang permainan saat bermain di lapangan. Salah satu teknik yang harus dikuasai ialah teknik passing.


Teknik passing atau teknik operan dalam permainan Bola Basket bermacam-macam, salah satunya ialah teknik Baseball Pass. Mungkin sebagian teman-teman masih asing dengan istilah teknik passing tersebut, akan tetapi teknik ini sudah sering digunakan oleh pemain-pemain profesional.

Informasi menarik lainnya tentang permainan Bola Basket, bisa teman-teman baca dibawah ini.

Seperti namanya, baseball pass ini cara melakukannya hampir sama dengan para pemain baseball yang akan melempar bola ke temannya. Biasanya teknik passing ini digunakan sebagai "umpan lambung" oleh pemain yang ada dibelakang untuk pemain yang ada di depan.

Adapun cara pelaksanaannya ialah sebagai berikut.
  1. Lutut dilenturkan, badan dibungkukkan rendah dan kaki direntangkan kira-kira selebar bahu.
  2. Satu tangan membawa bola ke belakang telinga. Tangan yang lain di sisi atau di depan bola. Jari-jari direntangkan di atas bola, kepala dan mata diangkat.
  3. Bola dibawa ke belakang telinga dengan satu tangan, dan tangan yang tidak memegang bola ada di depan atau samping bola untuk keseimbangan.
  4. Passing dilakukan dengan gerakan maju dari lengan dan pergelangan. Selama gerakan itu, berat badan dipindahkan dari kaki belakang ke kaki depan.
  5. Pergelangan harus digerakkan lurus sehingga ada putaran (spin) pada bola.
Sebagai informasi, selain baseball pass terdapat pula beberapa teknik pasing atau teknik operan lainnya yang perlu dikuasai oleh seorang pemain basket, teknik-teknik tersebut adalah Operan dada (chest pass), Operan pantul (bounce pass), Operan dari atas kepala (overhead pass), Baseball pass, Underhand pass dan Hook pass.





Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Cara Melakukan Teknik Passing "Baseball Pass" Dalam Permainan Bola Basket"

Posting Komentar