Latihan Teknik Tendangan Bebas dan Teknik Umpan Satu Dua Dalam Sepak Bola



Bagikan:


Ilustrasi tendangan bebas [image by Bola.net], 

Bermain sepak bola bukan hanya sekedar karna ingin bermain saja, akan tetapi penguasaan teknik-teknik dasar dari permainan ini sangat lah perlu. Untuk itu perlu dilakukan latihan-latihan yang rutin setiap hari, toh pemain yang sudah profesional saja masih terus berlatih untuk menjaga penguasaan tekniknya.


Salah satu teknik yang selalu dilatih oleh pemain sepak bola ialah teknik tendangan bebas, dalam satu tim sepak bola tidak semua pemain mempunyai keahlian dalam melakukan tendangan bebas akan tetapi hanya beberapa pemain saja. Itupun pemain tersebut perlu untuk selalu melatih tendangannya.

Sebelum lanjut, baca juga informasi menarik lainnya mengenai Permainan Sepak Bola dibawah ini:

Latihan tendangan bebas dapat dilakukan di tengah lapangan atau di dekat kotak penalti lawan. Jika tendangan bebas dilakukan dekat dengan daerah penalti tetapi Anda sulit menembusnya, maka tendangan bisa dilakukan dengan memberikan operan pada pemain yang mempunyai posisi lebih baik untuk menembak ke gawang lawan.

Namun, jika Anda berada pada posisi memungkinkan untuk menembak langsung, Anda bisa menembakkan bola langsung ke gawang lawan. Saat itu biasanya pemain lawan berdiri berjajar menghadang jalannya bola menuju gawang. Namun demikian, dengan latihan-latihan khusus, bola bisa dilambungkan kemudian berbelok menukik ke arah gawang atau posisi yang diinginkan penendang. Tendangan seperti ini hanya dapat diperoleh melalui latihan-latihan yang tekun dan terus-menerus.

Satu lagi teknik yang biasa dilatih pemain sepak bola yaitu umpan satu dua, teknik ini tidak bisa dilakukan sendiri, perlu dilakukan dengan beberapa teman satu tim agar setiap pemain terbiasa akan melakukan umpan satu dua. Latihan operan satu dua atau wall pass dilakukan sebagai berikut.

  1. Pemain penyerang A menggiring bola menuju ke daerah penalti lawan.
  2. Pemain belakang lawan B bergerak menghadang pemain A.
  3. Pemain A melakukan operan pada pemain penyerang lain C.
  4. Pemain C langsung memberikan bolanya lagi pada pemain A yang bergerak ke samping lawan sesaat setelah memberikan bola pada pemain C.
  5. Pemain A tanpa menahan bola langsung dioper pada penyerang C.
  6. Pemain C bisa langsung membawa bola ke gawang atau menembakkan langsung.
Sumber referensi: Gelanggang Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan: Untuk SMA/MA kelas XI /Khairul Hadziq, Milka Nurfitri; editor Ricky Rusdhiyana, Nur Fajriyah.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Latihan Teknik Tendangan Bebas dan Teknik Umpan Satu Dua Dalam Sepak Bola"

Posting Komentar