Langkah-Langkah Dalam Melakukan Awalan Pada Lompat Tinggi



Bagikan:


Teknik awalan lompat tinggi [image by dikatama.com], 

Lompat tinggi merupakan salah satu nomor lompat dari cabang atletik yang dipertandingkan untuk putra dan putri, di mana atlet harus melewati palang penghalang yang dipasang pada ketinggian tertentu. Tujuan dari lompat tinggi agar dapat mencapai lompatan yang setinggi-tingginya.


Pada umumnya terdapat empat langkah dalam gerakan lompat tinggi, yaitu awalan, bertolak, melewati palang, dan pendaratan. Untuk mendapatkan lompatan yang baik, awalan dalam lompat tinggi perlu diperhatikan dan dilakukan dengan baik, sebab dengan awalan yang baik maka lompatan juga akan baik.

Informasi menarik lainnya tentang olahraga atletik nomor Lompat Tinggi atau High Jump, bisa teman-teman baca dibawah ini.
Berikut ini langkah-langkah dalam melakukan awalan pada lompat tinggi.
  1. Run up diawali dengan garis lurus, kemudian menikung sebelum take off dengan bagian terbesar tikungan biasanya terjadi 5 langkah sebelum take off.
  2. Berlari dengan 4 - 8 langkah ketika melewati garis lurus dan 5 langkah ketika melewati lintasan menikung.
  3. Posisi tubuh dimiringkan ke depan pada awal run up dan mempercepat gerakan ketika berlari ke arah palang.
  4. Pada bagian run up menikung, posisi tubuh dimiringkan ke arah tengah dalam tikungan, kemudian diluruskan kembali saat take off.
  5. Tambahlah kecepatan lari awalan dengan langkah penuh kekuatan. Berikan dorongan yang kuat pada langkah menjelang fase bertolak.
Sumber referensi: Penjasorkes Untuk SMA/MA kelas XII/Joko Sumpeno, Dedy Joko Budi Santoso; editor, Joko Sumpeno, Dedy Joko Budi Santoso.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Langkah-Langkah Dalam Melakukan Awalan Pada Lompat Tinggi"

Posting Komentar