Langkah-Langkah Dalam Melakukan Tolakan Pada Lompat Tinggi



Bagikan:


Teknik tolakan lompat tinggi [image by highjump.club], 

Setelah mempelajari mengenai teknik awalan dalam lompat tinggi, berikutnya kita akan mempelajari mengenai teknik tolakan. Teknik tolakan dalam lompat jauh sama pentingnya dengan tenik awalan, sebab teknik tolakan ini dilakukan sesaat akan melompati palang.


Tahap tolakan penting dipelajari agar menciptakan tolakan maksimum dan cepat secara vertikal, tahap gerakannya kaki kiri menumpu dengan kuat. Kaki kanan diayunkan ke atas tinggi-tingginya sambil memutar badan ke kiri menghadap arah awalan atau membelakangi mistar.

Informasi menarik lainnya tentang olahraga atletik nomor Lompat Tinggi atau High Jump, bisa teman-teman baca dibawah ini.
Tolakan menjadi langkah awal untuk tubuh melewati palang. Berikut ini langkah-langkah dalam melakukan tolakan pada lompat tinggi.
  1. Menentukan titik take off kira-kira satu panjang tangan dari palang.
  2. Mulailah dengan merapatkan kaki, kemudian atlet mengukur kira-kira 3 langkah berlari dari titik take off pada sudut 35o hingga 40o dari palang. Sudut ini memungkinkan atlet untuk berputar ke belakang untuk melompati palang, sehingga disebut run up menikung.
  3. Pelompat yang mendekati dari kiri memulai run up dengan kaki kanan, dan take off dengan kaki kanan.
  4. Menggunakan lompatan yang kuat untuk “melangkah” ke atas.
  5. Menggerakkan paha kaki yang memimpin (kiri) ke atas hingga posisi horizontal.
  6. Menahan kepala tetap tinggi dan badan tetap lurus.
  7. Mengayunkan tangan untuk membantu melompat ke atas.
Sumber referensi: Penjasorkes Untuk SMA/MA kelas XII/Joko Sumpeno, Dedy Joko Budi Santoso; editor, Joko Sumpeno, Dedy Joko Budi Santoso.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Langkah-Langkah Dalam Melakukan Tolakan Pada Lompat Tinggi"

Posting Komentar