Pola Permainan Menyerang dan Bertahan Dalam Permainan Sepak Bola



Bagikan:


Pola permainan sepak bola [vivapoks.weebly.com]

Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa kesuksesan dalam permainan sepak bola sebagian besar dikarenakan penguasaan teknik dasar oleh setiap pemain serta kerja sama tim. Dalam kerja sama tim ini termasuk didalamnya ialah penerapan pola atau taktik permainan yang diberikan oleh pelatih kepada setiap pemain yang bermain.


Sama dengan permainan yang lainnya, sepak bola juga menerapkan dua pola permainan yaitu pola permainan menyerang dan pola permainan bertahan. Dalam permainan sepak bola pola atau taktik menyerang dilakukan untuk memasukkan bola kegawang, sedangkan pola atau taktik bertahan dilakukan untuk menahan serangan lawan dan memeprtahankan gawang dari kebobolan.

Tujuan dari dilakukannya pola atau taktik penyerangan adalah untuk memasukkan bola ke gawang lawan. Untuk itu, diperlukan strategi dan taktik tertentu. Beberapa contoh pola penyerangan sebagai berikut.
  • Pola 4-2-4
  • Pola ini terdiri atas empat pemain belakang (back kanan, back kiri, libero, dan stopper), dua pemain tengah (gelandang kanan, gelandang kiri), dan empat pemain depan (kanan luar, kiri luar, dan dua penyerang tengah (striker)).

  • Pola 2-4-4
  • Pola ini terdiri atas dua pemain belakang (back kanan dan back kiri), empat pemain tengah (sayap kanan, sayap kiri, gelandang kanan, gelandang kiri), empat pemain depan (kanan luar, kiri luar, dan dua penyerang tengah).

  • Pola 3-2-5
  • Pola ini terdiri atas tiga pemain belakang (back kanan, back kiri, dan libero), dua pemain tengah (gelandang kanan dan gelandang kiri), serta lima pemain depan (kanan luar, kanan dalam, penyerang tengah, kiri luar, dan kiri dalam).
2. Pola Penyerangan
Tujuan dari dilakukannya pola pertahanan adalah untuk memberikan perlawanan terhadap lawan agar tidak tercipta gol atau gawang kemasukan bola dari lawan. Beberapa contoh pola pertahanan dalam permainan sepak bola adalah sebagai berikut.
  • Pola 4-4-2
  • Pola ini terdiri atas empat pemain belakang (back kanan, back kiri, libero, dan stopper), empat pemain tengah (sayap kanan, sayap kiri, gelandang kanan, dan gelandang kiri), serta dua pemain depan yaitu dua penyerang tengah,

  • Pola 5-3-2
  • Pola ini terdiri atas lima pemain belakang (back kanan dalam, back kanan luar, stopper, back kiri dalam, dan back kiri luar), tiga pemain tengah (gelandang kanan, gelandang tengah, dan gelandang kiri), serta dua pemain depan yaitu penyerang kanan dan penyerang kiri.
Sumber pustaka : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Kelas VIII SMP/MTs/Sujarwadi, Dwi Sarjiyanto; editor, Fitriani Lestari H., Retno Susanti; ilustrator, D. Wisnu Kinardi, Dewi Isnaeni.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Pola Permainan Menyerang dan Bertahan Dalam Permainan Sepak Bola"

Posting Komentar