Latihan Kemampuan Teknik Smash (Spike) Bola Voli



Bagikan:


Smash bola voli [Dentmasoci]

Selain teknik passing atau mengumpan dalam permainan bola voli, terdapat juga teknik lainnya yaitu teknik smash (spike). Smash dilakukan oleh seorang pemain yang mempunyai keahlian khusus yaitu mempunyai lompatan dan pukulan yang kuat serta kencang sehingga bola yang dipukul tidak bisa dikembalikan oleh pemain lawan.


Smash adalah pukulan keras menukik ke bawah dalam suatu penyerangan dalam permainan bola voli. Pukulan ini biasanya mematikan dan merupakan suatu usaha untuk mencapai kemenangan dalam sebuah permainan bola voli.

Sebelum lanjut, baca juga informasi menarik lainnya mengenai Permainan Bola Voli dibawah ini:

Smash merupakan suatu gerakan yang kompleks, yang terdiri atas langkah awal, tolakan untuk meloncat, memukul bola pada saat melayang di udara, dan saat mendarat kembali setelah memukul bola. Untuk bisa menguasai teknik pukulan smash ini , pemain yang berposisi sebagai spiker harus melakukan latihan-latihan yang berkaitan dengan smash.

Berikut ini beberapa latihan untuk melatih kemampuan smash, latihan smash berikut ini merupakan latihan smash yang dilakukan tanpa awalan atau tanpa melakukan awalan berlari.

  1. Berlatih dengan berdua berhadapan
  2. Caranya seorang pemain bertugas melempar bola lambung ke arah pemain lainnya yang akan melakukan smash. Bola dilambungkan ke atas tepat di depan (muka) kepala sehingga mudah di smash. Bola di-smash tanpa awalan dengan memperhatikan gerakan tangan sesuai langkah-langkah smash.
  3. Berlatih berdua di depan jaring atau net
  4. Caranya sama dengan cara pertama, hanya saja bola di-smash ke arah seberang jaring. Anak yang melakukan smash awalnya berdiri di samping jaring, kemudian saat bola datang melakukan lompatan setinggi-tingginya dan melakukan pukulan.
Sumber pustaka: Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Kelas VIII SMP/MTs/Sujarwadi, Dwi Sarjiyanto; editor, Fitriani Lestari H., Retno Susanti; ilustrator, D. Wisnu Kinardi, Dewi Isnaeni.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Latihan Kemampuan Teknik Smash (Spike) Bola Voli"

Posting Komentar