Latihan Kemampuan Passing Bawah dan Passing Atas Bola Voli



Bagikan:


Latihan bola voli [volinesia]

Sama halnya dengan sepak bola, sebagian besar kesuksesan dari permainan enam lawan enam orang ini ditentukan oleh penguasaan teknik dasar serta kerja sama antar pemain. Untuk itu setiap pemain harus  dan wajib untuk menguasai teknik dasar dalam permainan bola voli, Adapun teknik dasar tersebut salah satunya ialah Passing.


Istilah passing dalam bola voli adalah mengoper/ mengambil bola/ mengumpankan bola kepada teman, atau langsung memasukkan ke daerah lawan. Dalam pelaksanaannya, passing dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu passing atas dan passing bawah.

Sebelum lanjut, baca juga informasi menarik lainnya mengenai Permainan Bola Voli dibawah ini:

Yang dimaksud dengan passing bawah adalah pengambilan bola dengan tangan bergandengan satu sama lain dengan ayunan dari bawah atas depan. Yang perlu diperhatikan dalam passing bawah adalah saat tangan akan menyentuh bola, lengan tidak dalam keadaan lurus dan direnggangkan.

Sedangkan yang dimaksud dengan passing atas adalah passing yang dilakukan dengan teknik atas tanpa mengadakan gerakan terlebih dahulu. Adapun yang perlu diperhatikan dalam passing atas adalah penempatan bola sedemikian rupa sehingga bola pada posisi didepan atas muka pemain.

Pantulan bola sesudah di-passing harus melambung tinggi ke arah depan atas (parabola). Passing atas ini biasanya dilakukan apa bila bola datangnya lebih tinggi dari bahu.

Untuk dapat bisa menguasai kedua teknik passing ini, setiap pemain perlu untuk melakukan latihan-latihan yang berkaitan dengan teknik passing. Latihan yang dilakukan diperlukan dua orang atau lebih agar supaya kemampuan teknik passing yang kita latih lebih baik.

Untuk melatih kemampuan passing bawah dapat dilakukan dengan cara berikut.
  • Melatih passing bawah dengan seorang teman (berdua)
  • Caranya dengan berdiri saling berhadapan jarak 3- 4 meter. Bola di-passing bawah secara bergantian. Apabila sudah mahir lakukan latihan ini sejajar dengan jaring (net) di lapangan bola voli. Hal ini berguna untuk melatih ketepatan dan keakuratan passing bawah.
  • Melatih passing bawah dengan dua orang teman (bertiga)
  • Caranya keiga pemain berdiri membentuk segitiga sama sisi dengan panjang sisi 3 - 4 meter. Bola di-passing secara berurutan ke arah kiri. Selanjutnya, ganti arah passing ke kanan. Apabila sudah mahir lakukan kombinasi arah datang bola dari kiri ke kanan atau sebaliknya. Latihan ini ebrguna untuk melatih konsentrasi dan keteapatan passing sesuai dengan arah datangnya bola.



Adapun untuk elatih kemampuan passing atas bola voli dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut.
  • Melatih passing atas dengan seorang teman (berdua)
  • Caranya dengan berdiri saling berhadapan dengan jarak 3 - 4 meter. Bola di-passing atas secara bergantian. Apabila sudah mahir lakukan latihan ini sejajar degan jaring (net) di lapangan bola voli. Hal ini berguna untuk melatih ketepatan dan keakuratan passing atas.
  • Melatih passing atas dengan dua orang teman (bertiga)
  • Caranya ketiga pemain berdiri membentuk segitiga sama sisi dengan panjang sisi 3 - 4 meter. Bola di-passing atas secara berurutan ke arah kiri. Apabila sudah mahir lakukan kombinasi arah datang bola dari kiri ke kanan atau sebaliknya. Latihan ini ebrguna untuk melatih konsentrasi dan keteapatanpassing atas sesuai dengan arah datangnya bola.



Sumber pustaka: Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Kelas VIII SMP/MTs/Sujarwadi, Dwi Sarjiyanto; editor, Fitriani Lestari H., Retno Susanti; ilustrator, D. Wisnu Kinardi, Dewi Isnaeni.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Latihan Kemampuan Passing Bawah dan Passing Atas Bola Voli"

Posting Komentar