Cara Melakukan Rangkaian Gerakan Guling Depan dan Guling Belakang | EdukasiCenter



Bagikan:


Gambar ilustrasi Rangkaian Gerakan Guling Depan

Senam merupakan rangkaian berbagai macam gerakan tubuh untuk menciptakan sebuah gerakan yang indah, pada umumnya senam dapat dibedakan menjadi beberapa macam, yaitu Senam lantai (Floor exercises), Senam irama, Senam kesegaran jasmania, Senam aerobik, dan lain sebagainya.


Gerakan mengguling atau rolling dalam senam merupakan salah satu gerakan dasar yang wajib untuk dikuasai, walaupun terlihat mudah akan tetapi perlu latihan untuk dapat melakukannya dengan baik dan benar tanpa adanya kesalahan bahkan tanpa mengakibatkan terjadinya cedera. Apa itu gerakan mengguling?

Informasi menarik lainnya tentang gerakan dalam senam lantai, bisa teman-teman baca dibawah ini.

Mengguling (rolling) diartikan sebagai bergerak sepanjang daerah tumpuan dengan cara memutarkan badan terus-menerus. Gerakan menggulingkan badan ini termasuk gerak lokomotor. Gerak lokomotor yaitu gerakan dengan maksud memindahkan posisi seluruh tubuh ke tempat lain, baik ke depan, ke belakang, ke samping, ke atas, atau ke bawah.

Gambar ilustrasi Rangkaian Gerakan Guling Depan

Pada umumnya terdapat beberapa gerakan mengguling yang terdapat dalam senam, yaitu guling depan, guling belakang, dan guling lenting. Beberapa gerakan mengguling ini dapat pula digabungkan atau dirangkaikan menjadi satu gerakan, misalnya gerakan guling depan dirangkaikan atau digabungkan dengan guling belakang.



Untuk merangkaikan kedua gerakan ini, terlebih dahulu kita harus menguasai gerakan guling depan maupun guling belakang. Setelah kita menguasai dan mengetahui cara gerakan guling depan dan guling belakang, maka kita sudah bisa melakukan gerakan rangkaian kedua gerakan guling tersebut.

Berikut ini akan dijelaskan cara melakukan rangkaian gerakan guling depan dan guling belakang. Cara melakukan rangkaian gerakan guling depan dan guling belakang yaitu terlebih dahulu melakukan gerakan gerakan guling depan, dengan cara sebagai berikut:

  • Mula-mula sikap jongkok, kedua kaki rapat lalu letakkan lutut di dada dan kedua tangan menumpu di depan ujung kaki kira-kira 40 cm.
  • Bengkokkan kedua tangan lalu letakkan pundak pada matras dengan menundukkan kepala hingga dagu sampai ke dada.
  • Lanjutkan dengan melakukan gerakan berguling ke depan, ketika panggul menyentuh matras peganglah tulang kering dengan kedua tangan menuju posisi jongkok.

Setelah melakukan gerakan guling depan, langsung melakukan gerakan guling kebelakang. Cara melakukannya yaitu pertama-tama dalam posisi awal kita harus melakukan sikap jongkok setelah itu kedua tangan menghadap ke atas.

Setelah melakukan sikap awal adalah melakukan gerakannya, kita perlu jatuhkan badan ke belakang, kemudian dorongkan kedua tangan, badan berguling ke belakang. pada sikap akhirnya kedua kaki mendarat, kedua tangan menjaga keseimbangan dan sikap jongkok.



Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Cara Melakukan Rangkaian Gerakan Guling Depan dan Guling Belakang | EdukasiCenter"

Posting Komentar