Posisi Berdiri (Stance) Saat Menerima Servis Dalam Permainan Bulutangkis



Bagikan:


Gambar posisi berdiri saat menerima servis [image by kaltim.tribunnews.com], 

Pada postingan sebelumnya kita telah membahas tentang bagaimana posisi berdiri saat melakukan servis dalam permainan bulu tangkis, nah sekarang kita akan membahas bagaimana posisi berdiri saat menerima servis dari lawan.


Servis merupakan pukulan awal yang dilakukan oleh pemain, biasanya servis yang bagus dapat menghasilkan poin jika lawan tidak dapat mengembalikannya dengan sempurna. Jika kita menerima servis dari lawan, kita harus berkonsentrasi penuh untuk melihat kemana bola servis akan diarahkan lawan, biasanya disini posisi berdiri akan mempunyai peran penting.

Sebelum lanjut, baca juga informasi menarik lainnya mengenai Permainan Bulu Tangkis atau Badminton dibawah ini:
Berdiri atau stance pada saat menerima servis yang baik dapat dilakukan dengan forehand maupun backhand. Berikut ini akan dijelaskan cara berdiri saat menerima servis dari lawan dalam permainan bulutangkis.
  • Untuk permainan tunggal, berdiri pada daerah servis kira-kira di tengah-tengah daerah servis dan satu meter di belakang garis servis pendek. Sedangkan pada permainan ganda biasanya lebih maju ke depan tetapi tidak melewati garis servis pendek.
  • Kaki kiri berada di depan dan kaki kanan di belakang.
  • Pada saat servis dilakukan, pindahkan berat badan ke arah datangnya kok tergantung jenis servis yang dilakukan.

Itulah penjelasan cara berdiri saat menerima servis, posisi berdiri merupakan dasar dari bermain bulutangkis. Dengan melakukan posisi berdiri yang benar saat menerima servis dari lawan, akan membuat kita dengan mudah mengembalikan bola yang diletakkan lawan dimana saja.

Sumber pustaka : Arena Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan /Hilman Nurhuda, Mia Kusumawati; editor, Ricky Rusdhiyana, Nur Fajriyah.— Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Posisi Berdiri (Stance) Saat Menerima Servis Dalam Permainan Bulutangkis"

Posting Komentar