Tujuan Melakukan Tolakan Dalam Lompat Jauh



Bagikan:


Tujuan melakukan tolakan dalam lompat jauh [image by hidupmulia.net]

Lompat jauh merupakan salah satu nomor lompat pada cabang olahraga atletik, olahraga ini dilakukan pada sebuah lapangan khusus untuk melakukan lompatan. Lapangan lompat jauh terdiri dari dua bagian yaitu bagian pertama sebuah lintasan lari yang panjangnya sekitar 45 meter, sedangkan bagian kedua merupakan sebuah bak pendaratan yang berisi pasir berukuran panjang 10 meter.


Diantara lintasan lari dan bak pendaratan terdapat sebuah batas berupa papan atau balok tolakan, dimana papan atau balok tolakan ini berbentuk segi empat, terbuat dari kayu atau bahan lain yang sesuai dan di cat putih. Papan tolakan ditanam tidak kurang dari 1 meter dari tepi dekat tempat pendaratan. Jarak papan tolak dengan sisi terjauh dari tempat pendaratan minimal 10 m.

Adapun ukuran lengkap dari papan tolakan ini adalah panjang = 1,21–1,22 m, Lebar = 19–20 cm, dan Tebal = 5 cm. Papan tolak harus ditanam di tanah, bagian atasnya rata dengan tanah lintasan lari dan tempat pendaratan. Di belakang garis tolakan dipasang papan plastisin atau bahan lain yang sesuai, yang berfungsi sebagai pencatat injakan kaki pelompat yang salah dan membekas di papan tersebut.

Pada umumnya terdapat empat teknik dalam olahraga lompat jauh, salah satunya ialah teknik melakukan tolakan. Teknik tolakan ini merupakan salah satu kunci keberhasilan lompatan dan teknik selanjutnya. Tolakan dilakukan sebagai tahap pengalihan telapak kaki tolak untuk lepas landas. Tujuannya, yaitu menghasilkan gerak mengangkat tubuh ke atas untuk gerak melayang di udara.

Saat akan melakukan tolakan, kaki tolak sedikit dibengkokkan, menapakkan kaki, dan meluruskan tungkai untuk lepas landas. Gerakan tolakan memerlukan kecepatan, kekuatan, dan koordinasi gerakan yang memadai sehingga gerakannya lebih efektif. Adapun cara lengkap melakukan tolakan dalam lompat jauh adalah sebagai berikut.

  • Tolakan kaki menggunakan kaki yang terkuat dan dilakukan dengan sekuat-kuatnya.
  • Dengan dibantu oleh ayunan kedua belah tangan ke atas, badan diangkat ke atas depan saat di udara.
  • Pada saat kaki tumpu menolak pada papan tumpuan, posisi badan lebih ditegakkan.
  • Urutan tumpuan kaki menolak papan tumpuan mulai dari tumit, telapak kaki, dan diteruskan pada ujung telapak kaki.

Itulah penjelasan mengenai tujuan melakukan tolakan dalam lompat jauh, semoga penjelasan singkat ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita mengenai olahraga lompat jauh.


Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Tujuan Melakukan Tolakan Dalam Lompat Jauh"

Posting Komentar