Cara Melakukan Tumpuan atau Tolakan Dalam Lompat Jauh



Bagikan:


Tumpuan atau tolakan lompat jauh [image by hidupmulia.net]

Lompat jauh merupakan salah satu nomor yang terdapat pada olahraga atletik, selain lompat jauh olahraga lain yang termasuk ke dalam kategori lompat ialah lompat tinggi dan lompat galah. Lompat jauh bertujuan untuk melompat sejauh-jauhnya dengan cara berlari kemudian melompat ke bak yang berisi pasir.


Untuk bisa melakukan lompatan yang maksimal, perlu untuk melatih teknik-teknik yang ada pada olahraga ini. Salah satu teknik yang menentukan hasil lompatan ialah pada saat melakukan tumpuan atau tolakan. Teknik tumpuan atau tolakan menjadi salah satu faktor penentu jauhnya sebuah lompatan, selain teknik berlari serta gaya yang diambil saat melayang diudara.

Papan atau balok tolak yang terdapat pada ujung lintasan lari berbentuk segi empat, terbuat dari kayu atau bahan lain yang sesuai dan di cat putih. Papan tolakan ditanam tidak kurang dari 1 meter dari tepi dekat tempat pendaratan. Jarak papan tolak dengan sisi terjauh dari tempat pendaratan minimal 10 m. Papan tolakan tersebut berukuran Panjang = 1,21–1,22 m; Lebar = 19–20 cm; dan Tebal = 5 cm.

Untuk dapat menguasai teknik tumpuan atau tolakan dalam lompat jauh dan meminimalisir terjadinya kesalahan, berikut ini cara melakukan tumpuan atau tolakan yang dapat dipelajari agar mendapatkan ahsil lompatan yang maksimal.

  • Tolakan harus dilakukan tepat pada papan tolakan dengan menggunakan satu kaki yang terkuat.
  • Tumpuan tolakan menggunakan ujung telapak kaki dengan menghentak tanah, lutut sedikit dibengkokkan dengan pinggang sedikit ke depan serta kaki mengayun ke depan.
  • Tolakan harus kuat dan cepat saat titik pusat gravitasi melewati kaki.
  • Kedua lengan diayunkan ke depan untuk menjaga keseimbangan.
  • Pandangan mengarah pada tempat pendaratan dalam tolakan.

Walaupun terlihat mudah, akan tetapi sering pula terjadi kesalahan-kesalahan yang dilakukan tanpa disadari atau disebabkan oleh rendahnya penguasaan teknik ini oleh atlit tersebut.

Adapun kesalahan yang sering terjadi ketika melakukan tolakan lompat jauh adalah sikap badan kaku, langkah kaki/footwork yang kurang pas, tergesa-gesa, menumpu melebihi balok tumpu, menumpu dengan dua kaki, menumpu tidak dengan kaki yang terkuat, kaki/badan kurang rileks dan seimbang, dan tidak diikuti gerak lanjut.

Itulah penjelasan singkat tentang cara melakukan tumpuan atau tolakan dalam lompat jauh, semoga penjelasan singkat ini dapat menambah wawasan serta pengetahuan kita tentang salah satu cabang olahraga aatletik ini yaitu lompat jauh.


Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Cara Melakukan Tumpuan atau Tolakan Dalam Lompat Jauh"

Posting Komentar